Kompas TV regional berita daerah

Sekolah Alam Kurangi Ketergantungan Anak Pada Gadget

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 15:15 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang pemuda di Jember Jawa Timur rutin mengajak anak anak bermain permainan tradisional. Selain membantu melestarikan permainan tradisional, ia  juga ingin merangsang anak-anak agar tidak kecanduan gadget.

Adalah Abdul Adim, seorang pemuda asal Dusun Limbung Sari, Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Ia mendirikan tempat belajar yang diberi nama sekolah alam gubuk pustaka dalung di belakang rumahnya dengan suasana pedesaan.

Baca Juga: Sekolah Alam di Kayong Utara Bantu Anak Belajar di Masa Pandemi

Anak-anak yang belajar di tempat itu tidak dikenakan biaya alias gratis. Beragam permainan tradisional dikenalkan kepada anak anak, seperti egrang bambu, tembak bambu, lompat tali dan barong macan.

Sebelum memulai permainan, anak-anak diajak berdoa dan bermain tebak tebakan agar tercipta keakraban.

Sekolah alam ini didirikan untuk mengisi waktu luang anak-anak usai menjalani rutinitas sekolah secara daring serta mengurangi ketergantungan anak pada gadget.

Anak-anak juga diajak belajar membaca, menulis, mendengarkan dongeng budaya dan cerita rakyat serta dikenalkan ke jajanan tradisional.

 

#SekolahAlam #PermainanTradisional #KecanduanGadget #Anak-anak

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.