Kompas TV regional berita daerah

Kalsel Minim Jembatan Timbang untuk Mengontrol, Tonase Angkutan Berlebih Percepat Kerusakan Jalan

Jumat, 26 Februari 2021 | 23:24 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Pasca banjir pada januari lalu,  kerusakan Jalan Gubernur Syarkawi menjadi semakin parah.

Kerusakan yang terjadi sejak sebelum banjir itu disebabkan beragam factor.

Satu diantaranya adalah minimnya sarana jembatan timbang di Kalimantan Selatan untuk mengontol atau mengukur beban muatan angkutan barang.

Baca Juga: Tak Ingin Kembali Kebanjiran, Warga Rela Sebagian Lahannya Dibongkar Untuk Normalisasi Sungai

Di Kalsel terdapat  jembatan timbang Lianganggang yang berlokasi di Jalan Achmad Yani Kilometer 19 Banjarbaru namun sudah dinonaktifkan.

Sementara  jembatan timbang di Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut tengah direhab total dan ditargetkan selesai tahun ini.

Akibatnya, muatan angkutan yang melintas dapat melebihi ketentuan dan mempercepat kerusakan jalan.

“Jembatan timbang di Kalsel kan ada dua, satu di Lianganggang yang kondisinya rusak dan satu di Kintap.Untuk di Kintap kemarin sudah direhab total dan tahun ini selesai,” terang Kasi Sarana Dan Prasarana Transportasi Jalan, Suwandi.

Baca Juga: "Stick Cone" Pembatas Lajur Sepeda Dilepas, Dishub : Dampak Banjir dan Mendukung Normalisasi Sungai

Balai Pengelola Transportasi Darat  Kalimantan Selatan kini sedang melakukan studi kelayakan awal untuk mencari lokasi membangun  jembatan timbang.

Selain itu  Pemerintah Kota Banjarmasin telah menyiapkan tanah di samping pengujian kendaraan sepeda motor di Banjarmasin dengan luasan dua hektat, namun  dianggap kurang strategis lantaran bisa menyebabkan kemacetan.

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:56
KEBUN RAYA BOGOR CATAT JUMLAH PENGUNJUNG SELAMA LIBUR LEBARAN MENCAPAI 23.520 ORANG   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: SAAT INI TIDAK ADA KABUPATEN ATAU KOTA DI JABAR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN TIDAK MELARANG WARGA DARI DAERAH UNTUK MASUK JAKARTA   PT KAI: KEDATANGAN PENUMPANG KA JARAK JAUH DI JAKARTA TERPANTAU LANDAI   JASA MARGA: 200.000 KENDARAAN MASUK JABOTABEK PADA HARI KEDUA SETELAH LEBARAN   KETUA SATGAS COVID-19 IMBAU MASYARAKAT YANG BEPERGIAN SELAMA LIBUR LEBARAN UNTUK LAKUKAN ISOLASI MANDIRI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN PASTIKAN PEMERINTAH TELAH SIAP ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 PASCALIBUR LEBARAN   PEMERINTAH TERAPKAN KEBIJAKAN TES ACAK UNTUK CEGAH PENINGKATAN KASUS COVID-19 PASCALIBUR LEBARAN   JUMLAH MASYARAKAT INDONESIA YANG TELAH DIVAKSINASI COVID DOSIS KEDUA ADALAH 9.066.982 ORANG   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 HARI INI: 4.295 ORANG POSITIF, 5.754 ORANG SEMBUH, DAN 212 ORANG MENINGGAL DUNIA   KASUS KORUPSI ASABRI, KEJAGUNG SITA ASET TANAH DAN GEDUNG MILIK BENNY TJOKROSAPUTRO   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN KPK HARUS MEMILIKI SDM TERBAIK DAN BERKOMITMEN TINGGI DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KPK, KEMENPAN-RB, DAN BKN TINDAK LANJUTI NASIB 75 PEGAWAI KPK YANG TAK LULUS TWK   PRESIDEN JOKOWI: MASIH ADA PELUANG MEMPERBAIKI BAGI 75 PEGAWAI KPK YANG TAK LULUS TWK