Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Selatan Memulai Program Vaksinasi Massal, Warga di Atas 65 Tahun Masih Harus Menunggu

Jumat, 26 Februari 2021 | 14:20 WIB
korea-selatan-memulai-program-vaksinasi-massal-warga-di-atas-65-tahun-masih-harus-menunggu
Seorang pekerja panti jompo menerima dosis pertama vaksin Covid-19 AstraZeneca di pusat perawatan kesehatan di Seoul, Jumat, 26 Februari 2021. Korea Selatan memulai vaksinasi massal pada hari Jumat. (Sumber: Associated Press)

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Selatan memulai program vaksinasi massal pada Jumat (26/2/2021). Imunisasi massal tahap pertama diprioritaskan untuk pekerja panti jompo dan pekerja medis garis depan yang berusia di bawah 65 tahun.

Dengan menggunakan truk berpendingin yang dikawal oleh kendaraan polisi dan militer, Korea Selatan mengangkut 1,57 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca ke seluruh negeri sejak hari Rabu hingga Kamis lalu. Vaksin ini dibuat di kota Andong, tempat perusahaan farmasi lokal SK Bioscience memproduksi vaksin di bawah kontrak dengan AstraZeneca.

Namun program vaksinasi ini memicu kontroversi karena pemerintah memutuskan untuk menunda imunisasi warga yang berusia di atas 65 tahun. Kebijakan ini dilakukan hingga pengembang memberikan lebih banyak data keefektifan vaksin AstraZaneca pada kelompok usia tersebut.

Baca Juga: Hong Kong Memulai Vaksinasi Massal Dengan Vaksin Sinovac

Hingga kini pemerintah Korea Selatan belum menyetujui vaksin apapun untuk diberikan kepada kelompok usia di atas 65 tahun. Namun seperti dikutip dari the Associated Press, para pejabat mengindikasikan vaksin Pfizer kemungkinan dapat disetujui lebih dulu.

“Saya merasa sangat cemas selama setahun terakhir, tetapi saya merasa lebih aman sekarang setelah menerima vaksin,” kata Lee Gyeong-soon, seorang pekerja panti jompo, yang mendapatkan vaksinasi di sebuah pusat kesehatan di Seoul.

Lebih dari 5.260 warga dan pekerja di 213 panti jompo, fasilitas kesehatan mental dan pusat rehabilitasi akan mendapatkan vaksin AstraZaneca pada hari ini. Namun mereka harus berusia lebih muda dari 65 tahun.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Nikmat Sehat

Jumat, 16 April 2021 | 10:09 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:31
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA