Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Selesai Dibangun Agustus 2021

Jumat, 26 Februari 2021 | 07:19 WIB
tol-bocimi-ruas-cigombong-cibadak-selesai-dibangun-agustus-2021
Presiden Jokowi meresmikan Tol Bocimi Ruas Ciawi-Cigombong, Sabtu (1/12/2018). (Sumber: bpjt.pu.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, pembangunan Tol Bogor- Ciawi - Sukabumi (Bocimi) Seksi II, yaitu ruas Cigombong - Cibadak telah mencapai 76,50%. Konstruksi ruas tol sepanjang 11,9 km ini ditargetkan selesai pada Agustus 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengerjaan Tol Bocimi akan terus dipercepat karena punya peran yang sangat strategis. Sebab terhubung dengan kawasan-kawasan produktif, yaitu banyaknya pabrik di wilayah Kabupaten Sukabumi. 

Baca Juga: Mobil Rusak karena Jalan Tol Berlubang Pascabanjir? Bisa Klaim ke Jasa Marga

"Keberadaan tol ini bisa mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/02/2021). 

Jalan Tol Bocimi rencananya akan dibangun sepanjang 54 km dan terdiri dari 4 seksi. Yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 Km), Seksi II Cigombong-Cibadak (11,9 Km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 Km), dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

Baca Juga: Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Akses Baru Warga Tangerang ke Bandara

Sekarang, yang sudah beroperasi baru seksi I yaitu Ciawi-Cigombong. Sebelum ada tol Bocimi, kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Sukabumi biasanya melewati Tol Jagorawi lalu keluar di Ciawi. Setelahnya, kendaraan menempuh jalur arteri yaitu Jalan Raya Bogor-Sukabumi. 

Penulis : Dina Karina




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:24
KETUA DPR PUAN MAHARANI PASTIKAN DPR SEGERA TETAPKAN PROLEGNAS PRIORITAS 2021   WAKIL KETUA KOMISI III DPR AHMAD SAHRONI MINTA JAKSA AGUNG TAK TUTUP RUANG DISKUSI SOAL KASUS SEMANGGI I DAN II   MENTERI PPPA MINTA DUKUNGAN KEMENKUMHAM UNTUK PERCEPAT PENGESAHAN RUU PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL   WALI KOTA BEKASI PASTIKAN TAK AKAN SELENGGARAKAN PAWAI MAUPUN HAJATAN DALAM MERAYAKAN HARI JADI KOTA BEKASI   MAHKAMAH AGUNG KABULKAN PERMOHONAN PK YANG DIAJUKAN GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SOAL IZIN REKLAMASI PULAU I   MENKO POLHUKAM: PEMERINTAH TERBUKA JIKA ADA PIHAK YANG MEMILIKI BUKTI PENEMBAKAN 6 LASKAR FPI PELANGGARAN HAM BERAT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MENGAKU PRESIDEN DAN PEMERINTAH TAK IKUT CAMPUR DALAM PENYIDIKAN TEWASNYA 6 LASKAR FPI   TEMUI PRESIDEN, TIM PENGAWAL PERISTIWA PEMBUNUHAN MINTA KASUS KEMATIAN 6 LASKAR FPI DIBAWA KE PENGADILAN HAM   KETUA KCP PEN AIRLANGGA HARTARTO: ANGGARAN KESEHATAN KCP PEN 2021 MENINGKAT HAMPIR 300 PERSEN DARI TAHUN SEBELUMNYA   DISUNTIK VAKSIN COVID-19, WALI KOTA JAKARTA BARAT UUS KUSWANTO MENGAKU TAK ALAMI EFEK SAMPING   BPOM: VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA BISA DIBERIKAN KEPADA KELOMPOK LANSIA   BPOM: KEMANJURAN VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA SEBESAR 62,1 PERSEN   BPOM TERBITKAN IZIN PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA   KORUPSI PENGADAAN CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI, KPK PANGGIL DIRUT PT BHUMI PRASAJA, RASJID ANSHARRY