Kompas TV regional peristiwa

Ratusan Napi di Lapas Perempuan Tenggarong Positif Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 | 09:13 WIB
ratusan-napi-di-lapas-perempuan-tenggarong-positif-covid-19
Tim medis dari Rumah Sakit Parikesit, Kutai Kertanegara melakukan pemeriksaan pada warga binaan di Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong, Kalimantan Timur. (Sumber: Ardi Wiriya dan Jasmin Jafar)

TENGGARONG, KOMPAS.TV – sebanyak 137 warga binaan dan 20 petugas di Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong, Kalimantan Timur, terkonfirmasi positif Covid-19. Pihak Lapas perempuan berharap pemerintah segera membuatkan Posko Covid-19 di Lapas, karena fasilitas kesehatan yang tidak memadai.

Tim Satgas Rumah Sakit Parikesit, Kabupaten Kutai Kartanegara telah menjemput satu pasien positif Covid-19 di Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong. Pasien ini dijemput karena mengalami gejala sesak napas. Selanjutnya ia akan dirawat di Balai Karantina Tenggarong.

Baca Juga: Ibu Empat Anak Nekat Jadi Kurir Sabu Jaringan Lapas Ditangkap

Menurut Kepala Lapas, kasus penularan awal diduga terjadi saat salah satu warga binaan dirawal selama satu minggu di Rumah Sakit Parikesit, Tenggarong. Beberapa hari kemudian, petugas yang mengantar dan beberapa warga binaan pun terkonfirmasi positif Covid-19.

Tim Satgas kemudian melakukan tracing dengan melakukan tes PCR dan swab massal. Beberapa hari kemudian pun diketahu bahwa 137 warga binaan dan 20 petugas Lapas terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Kami sangat urgent membutuhkan posko dari pemerintah daerah setempat atau satgas dan kami butuh ambulan yang stand by terus menerus. Karena saat ini di dalam (lapas) masih ada satu kamar yang isinya 47 orang. Padahal sudah kami evakuasi (yang positif Covid-19),” ujar Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong Sri Astiana.

Baca Juga: Razia dalam Lapas Perempuan Martapura, Petugas Sita Beragam Barang Terlarang

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:33
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA