Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Tangkap Ratu Narkoba Meksiko, Istri El Chapo

Selasa, 23 Februari 2021 | 16:17 WIB
amerika-serikat-tangkap-ratu-narkoba-meksiko-istri-el-chapo
Emma Coronel Aispuro, istri bos kartel narkoba Meksiko El Chapo. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kepolisian Amerika Serikat menangkap Emma Coronel Aispuro, “ratu” kartel narkoba asal Meksiko di Bandara Internasional Dulles, Senin (22/2/2021). Coronel adalah istri Joaquin "El Chapo" Guzman, bos kartel narkoba asal Meksiko.

Otoritas Amerika mendakwa Coronel karena membantu suaminya melakukan perdagangan narkoba dari balik jeruji besi. Dokumen dakwaan mencatat, ia menyampaikan pesan dari Guzman dan memfasilitasi perdagangan narkoba setelah El Chapo tertangkap pada 2014.

Coronel mesti menjalani sidang di pengadilan federal di Washington pada hari Selasa (23/2/2021) waktu setempat.

Baca Juga: Kapolri Bakal Beri Reward ke Anak Buah yang Ungkap Peredaran Narkoba di Internal Polri

Pernyataan tertulis yang terlampir dalam surat dakwaan juga merinci dugaan keterlibatan Coronel dalam pelarian suaminya dari penjara Meksiko pada tahun Juli 2015. 

Coronel membantu merencanakan pelarian itu bersama putranya dan Dámaso López Núñez, teman kepercayaan El Chapo. Mereka membuat rencana yang lebih terperinci daripada rencana pelarian El Chapo pada 2001.

Jaksa penuntut mengatakan pelarian dari penjara Altiplano di Meksiko itu sukses berjalan menggunakan terowongan sepanjang satu mil yang tersambung ke sel El Chapo. 

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ribuan Miras Ilegal Dimusnahkan

Jumat, 11 Juni 2021 | 01:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:58
TIM BISBOL AUSTRALIA MENARIK DIRI DARI KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO KARENA PANDEMI COVID-19   PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA: VAKSINASI COVID-19 DI SELURUH JEPANG AKAN TUNTAS PADA NOVEMBER 2021   IOC AKAN BAHAS AGENDA KEHADIRAN PENONTON LANGSUNG PADA LAGA-LAGA OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO   KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC): PERKAMPUNGAN ATLET OLIMPIADE TOKYO AKAN DIBUKA PADA 14 JULI 2021   "TRAVEL BUBBLE" YANG DIBUKA OLEH KOREA SELATAN HANYA BERLAKU BAGI YANG TELAH DIVAKSIN COVID-19 SECARA LENGKAP   KOREA SELATAN AKAN BUKA "TRAVEL BUBBLE" DENGAN SINGAPURA, TAIWAN, DAN THAILAND   PRIA PELAKU PENAMPARAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON TERANCAM HUKUMAN 3 TAHUN PENJARA   POLDA SULSEL SEBUT WABUP SANGIHE HELMUD HONTONG MENINGGAL DI PESAWAT KARENA TERKENA SERANGAN JANTUNG   GUBERNUR GANJAR PRANOWO INGATKAN SELURUH PIMPINAN DAERAH DI JATENG MENGANTISIPASI PENINGKATAN KASUS KORONA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA PROSES VAKSINASI COVID-19 DIPERCEPAT LANTARAN ADA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMKAB SUKOHARJO TIDAK AKAN IZINKAN SEKOLAH GELAR TATAP MUKA JIKA MASIH ADA GURU YANG BELUM DIVAKSINASI COVID-19   PEMERINTAH TARGETKAN SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONSTRUKSI (TKK) PADA 2022 SEBANYAK 81.200 ORANG   MENDAG M LUTFI: EKONOMI DIGITAL INDONESIA AKAN TUMBUH 8 KALI LIPAT PADA 2030   SURVEI LEMBAGA RISET IDEAS: 20% KELUARGA MISKIN DI METROPOLITAN TIDAK PERNAH TERIMA BANSOS PEMERINTAH