Kompas TV internasional kompas dunia

Facebook Akan Cabut Pemblokiran Akses Berita di Australia

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 12:44 WIB
facebook-akan-cabut-pemblokiran-akses-berita-di-australia
Pemerintah Australia menyatakan Facebook akan mencabut pemblokiran atas akses berita di negara kanguru, Selasa (23/2/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

CANBERRA, KOMPAS.TV – Pemerintah Australia mengumumkan bahwa Facebook telah setuju untuk mencabut larangannya terhadap warga Australia untuk mengakses layanan pemberitaan di Facebook, Selasa (23/2/2021).

Menteri Bendahara Negara Josh Frydenberg dan Facebook mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan, bahwa mereka telah mencapai kesepakatan tentang amandemen undang-undang yang diusulkan. Hal ini membuat media sosial dan Google harus membayar kepada perusahaan media, atas konten berita yang ditampilkan di platform mereka.

Baca Juga: Facebook Blokir Konten Berita di Australia, PM Morrison: Ini Bentuk Ancaman

Sebelumnya, Facebook memblokir pengguna Australia untuk mengakses dan berbagi berita, setelah parlemen Australia mengesahkan rancangan undang-undang yang mengatur bahwa media sosial dan Google harus membayar jasa perusahaan berita, atas konten berita yang ditampilkan di platform mereka.

Pemblokiran yang dilakukan Facebook mendapat kecaman keras dari warga dan media Australia. Terlebih, pemblokiran ini terjadi di tengah pandemi, yang membuat akses warga Australia terhadap berita-berita kesehatan juga menjadi terhambat.

Baca Juga: Facebook Blokir Konten Berita Karena RUU, Pemerintah Australia Marah Besar

"Pemerintah telah diberitahu oleh Facebook, bahwa mereka bermaksud untuk memulihkan halaman berita Australia dalam beberapa hari mendatang," kata Frydenberg dan Menteri Komunikasi Paul Fletcher dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari the Associated Press.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x