Kompas TV nasional peristiwa

Ulang Tahun ke-43 Masjid Istiqlal, Wapres: Saatnya Menjadi Pusat Peradaban Islam di Indonesia

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 07:28 WIB
ulang-tahun-ke-43-masjid-istiqlal-wapres-saatnya-menjadi-pusat-peradaban-islam-di-indonesia
Masjid Istiqlal akan bangun terowongan silaturahmi yang menghubungkan dengan Gereja Katedral. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menyatakan saatnya menjadikan Masjid Istiqlal sebagai pusat peradaban dan kebudayaan Islam di Indonesia, setelah mengalami renovasi besar-besaran.

"Saatnya kini Istiqlal mengembangkan perangkat lunaknya untuk menjadikannya sebagai pusat gagasan dan gerakan pembangunan peradaban serta budaya Islam di Indonesia," kata Ma'ruf saat memberikan sambutan sekaligus launching Program New Istiqlal secara virtual, Senin (22/2/2021).    

Wapres juga mengparesiasi atas rencana dibangunnya terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katederal sebagai representasi umat Nasrani yang menjadi simbol kerukunan dan kebhinekaan Indonesia.

Baca Juga: Berkeliling Masjid Istiqlal, Mahfud MD: Saya Bangga Sebagai Warga Negara

"Saya berharap peran dan kontribusi Istqilal sebagai masjid negara, dalam memberikan contoh kepada masjid lainnya, utamanya dalam menebarkan kesejukan dan kedamaian, merawat harmoni dan keutuhan dengan konsisten dakwah yang wasatiyah rahmatan lil alamin menuju Indonesia yang lebih maju," ujar  Wapres.    


Wapres menyebutkan Masjid Istiqlal meerupakan kebangaan umat muslim Indonesia. Masjid ini telah berdiri kokoh sejak diresmikan pada 22 Februari  1978 silam dan menjadi simbol peradaban Islam Indonesia.

Menurut Wapres Masjid Istiqlal selama ini telah berfungsi sebagai masjid dalam makna tradisional, bahkan telah menunjukan fungsi sosial dan politiknya dalam perjalanan bangsa. 

Baca Juga: Pasca Renovasi, Masjid Istiqlal Belum Dibuka untuk Umum


"Kini di tahun 2021 Masjid Istiqlal telah menyelesaikan renovasi secara besar-besaran sejak pertama kali dibangun pada 1978. Masjid Istiqlal telah berdiri mewah dan megah di jantung Ibukota Jakarta," katanya.

Setelah diresmikan, terdapat 41 program dari new Istiqlal yang dilaunching Wapres KH Ma'ruf Amin, di antaranya Majelis Mudzakarah dengan menghimpun para ulama besar, pengkaderan ulama perempuan, pusat wisata religi, pusat moderasi beragama dan program lainnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x