Kompas TV internasional kompas dunia

Rumah Sakit di Houston Kekurangan Air Setelah Melewati Badai Musim Dingin

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 04:09 WIB
rumah-sakit-di-houston-kekurangan-air-setelah-melewati-badai-musim-dingin
Para cheerleader dari Texas dan relawan lainnya membantu mengemas makanan untuk dibagikan kepada ratusan orang di wilayah tersebut, setelah suhu yang sangat dingin membuat daerah Houston kehabisan sumber daya, Minggu, 21 Februari 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

HOUSTON, KOMPAS.TV - Rumah sakit di wilayah selatan Amerika Serikat (AS) berjuang karena kekurangan pasokan air, Minggu (21/2/2021). Wilayah ini masih berusaha pulih dari badai musim dingin ekstrem.

Rumah sakit masih berjuang untuk merawat pasien di tengah cuaca dingin ekstrem, salju dan es yang menghantam negara bagian Texas. Negara bagian ini tidak siap dengan cuaca dingin ekstrem, karena musim dingin di wilayah ini biasanya dapat dilakui hanya dengan mengenakan baju lengan pendek dan jaket tipis.

Cuaca dingin ekstrem di negara bagian Texas telah merusak saluran air, sehingga memutus pasokan kepada jutaan pelanggan.

Baca Juga: Joe Biden Mengumumkan Badai Musim Dingin di Texas sebagai Bencana Besar

Sebuah rumah sakit pedesaan di Anahuac, Texas, sekitar 80 kilometer di timur Houston, hingga kini masih kekurangan air dan listrik.

William Kiefer, CEO Chambers Health, yang menjalankan rumah sakit bersama dengan dua klinik dan pusat kesehatan di Houston, mengatakan fasilitas tersebut menggunakan generator cadangan dan air dari tangki penyimpanan dengan kapasitas 275 galon. Mereka mengisinya kembali tiga kali dengan menggunakan air dari kolam renang di pusat kesehatan.

Pada hari Senin, seorang wanita yang akan melahirkan di rumah sakit pinggiran Kota Houston, akhirnya melahirkan di rumah sakit tersebut, setelah dia kesulitan melewati es dan salju ketika berusaha menuju rumah sakit tujuan utamanya.

Staf ruang gawat darurat akhirnya dapat membantu melahirkan itu bayi dengan selamat.

"Ia akan membutuhkan dua jam lagi untuk sampai ke (rumah sakit di pinggiran kota Houston) jika fasilitas kami tidak ada," katanya. “Kita mungkin bisa berasumsi dia akan melahirkan bayinya di mobilnya dan di salju dan itu bukan situasi yang baik," ujar Kiefer, seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Angka Kematian Akibat Hipotermia Di Dalam Rumah Meningkat Di Texas

Setelah suhu anjlok di bawah normal pada pekan lalu, prakiraan cuaca untuk wilayah Houston menyebutkan suhu tertinggi, yaitu 18 derajat Celsius, akan dicapai pada hari Minggu. Meski begitu, ratusan mobil telah berbaris di Stadion NRG untuk menerima makanan dan air dari Bank Makanan Houston. Bank Makanan Houston juga mengirimkan pasokan kepada warga yang rentan, seperti manula dan penyandang cacat.

Di Memphis, Tennessee, tumpukan salju mencapai ketinggian 10 inci pada minggu lalu. Memphis, Light, Gas & Water mengeluarkan peringatan bagi warga, untuk merebus air keran mereka sebelum meminumnya. Air keran di AS yang biasanya bisa langsung diminum, kini dikhawatirkan telah terkontaminasi. Saran ini masih berlaku hingga hari Minggu, dan pejabat masih belum tahu kapan peringatan ini akan dicabut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x