Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jadi Tantangan, Ini Cara Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian Korban Banjir

Kompas.tv - 21 Februari 2021, 08:20 WIB
jadi-tantangan-ini-cara-cegah-penularan-covid-19-di-pengungsian-korban-banjir
Sejumlah warga Nganjuk dievakuasi di pengungsian banjir, Minggu 14 Februari 2021 malam. (Sumber: Tagana via Tribunnews.com)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Banjir melanda sejumlah wilayah di Indonesia akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir. Tak sedikit pula banyak warga yang mengungsi lantaran rumah mereka kebanjiran. 

Mengungsi di sejumlah titik pengungsian apalagi saat pandemi Covid-19 masih berlangsung seperti saat ini tentu menjadi sebuah tantangan agar tidak muncul kemungkinan terjadinya penularan virus Corona. 

Baca Juga: Banjir Cipinang Melayu Mulai Surut, Warga Pilih Tetap di Pengungsian

Untuk itu, masyarakat Indonesia yang terdampak banjir di berbagai daerah dan harus mengungsi, diminta untuk meningkatkan proteksi diri dari penularan virus tersebut. 

Melansir Kompas.com, Dicky Budiman seorang epidemiologi dari Griffith University mengungkapkan ada hal lain yang harus diperhatikan saat terpaksa mengungsi di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, saat terpaksa harus mengungsi, hal yang wajib diperhatikan adalah interaksi antar orang. Setiap orang harus tetap menjaga jarak.

Baca Juga: Banjir Belum Surut, Warga Bertahan di Pengungsian

"Tentu ini (pengungsian) harus disiapkan, diantisipasi. Karena situasi pengungsian sangat padat," imbuhnya. 

Sejumlah cara pencegahan penularan virus corona di tempat pengungsian, yaitu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tetap wajib dipatuhi pengungsi dan petugas," ungkapnya. 

Baca Juga: Banjir Mulai Surut, Sebagian Warga Masih Memilih Bertahan di Pengungsian

Sementara itu dilansir dari GridHealth.id, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan di musim banjir saat ini:

-menjaga pola makan dengan makan dan minum yang bersih dan sehat

-memperhatikan perlindungan dan kebersihan tubuh dengan menggunakan alas kaki seperti sepatu boots dan sarung tangan saat rumah banjir atau melintasi genangan air 

Baca Juga: Banjir Kembali Naik, Warga Bertahan di Pengungsian

-memperhatikan kebersihan lingkungan dan mengkonsumsi obat secara rutin serta segera memeriksakan kesehatan ke dokter apabila terserang penyakit

-memperhatikan pola tidur, dengan mengambil waktu istirahat dan tidur yang cukup,  menghindari tidur dengan porsi yang berlebih dan menghindari begadang hingga larut  yang bisa membuat tubuh lemas dan kaku pada otot. 

Baca Juga: Lokasi Pengungsian Disemprot Disinfektan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x