Kompas TV regional berita daerah

Hindari Penularan Covid-19, Peserta Yudisium Universitas Jember Diwakili Robot

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 14:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Fakultas Teknik Universitas Jember Jawa Timur mendatangkan robot pada acara yudisium yang digelar secara daring pada Kamis (18/02). Menariknya puluhan mahasiswa yang akan diwisuda tidak perlu hadir, karena sudah diwakili robot tersebut.

Yudisium program pascasarjana, sarjana dan diploma Fakultas Teknik Universitas Jember kali ini cukup menarik. Pasalnya yudisium periode II tahun 2020/2021 digelar dengan mendatangan dua robot peraga.

Baca Juga: LIPI Berikan Bantuan Robot untuk Bantu Rawat Pasien Covid-19 di RS Dr. Soetomo Surabaya

Kedua robot dirancang layaknya peserta yudisium laki-laki dan perempuan dengan mengenakan jas almamater Universitas Jember. Robot ini bertugas mewakili satu persatu peserta yudisium menerima berkas kelulusan dari pihak fakultas. Robot juga dilengkapi layar gadget, yang menampilkan wajah peserta yudisium saat dipanggil.

Penggunaan robot peraga itu sebagai salah satu upaya mencegah penularan covid-19. Robot peraga ini merupakan karya tim robotika Fakultas Teknik, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Selain robot peraga, tim robotika Fakultas Teknik juga tengah menyempurnakan robot asisten perawat untuk membantu proses sterilisasi ruangan dengan sinar ultraviolet, serta robot asisten guru yang membantu kegiatan belajar mengajar.

 

#Robot #Yudisium #UniversitasJember #FakultasTeknik #Wisuda

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x