Kompas TV nasional politik

Partai Demokrat Siapkan 9 Nama Buat Cagub DKI Jakarta, Ada Nama Emil Dardak dan Bupati Lebak

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 10:58 WIB
partai-demokrat-siapkan-9-nama-buat-cagub-dki-jakarta-ada-nama-emil-dardak-dan-bupati-lebak
Partai Demokrat (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief meluncurkan 9 nama kader Partai Demokrat yang siap berlaga di Pilkada DKI Jakarta. Hal itu dia cuitkan melalui akun twitternya, Jumat (19/2/2021) yang diberi judul "Persiapan Pilgub DKI Demokrat".

Ke-9 nama itu adalah Ketua DPD Demokrat DKI Santoso, anggota Komisi III DPR  Hinca Panjaitan dan  Didik Mukrianto, Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf, anggota Komisi II Anwar Hafid, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, mantan Gubernur Lampung Rido Fricardo, Bupati Lebak Iti Jayabaya dan Bupati Karawan Cellica Nurrachadiana.

Baca Juga: Partai Demokrat Tunggu Komitmen Presiden Jokowi Revisi UU ITE

Partai Demokrat adalah fraksi di DPR yang mengusulkan agar RUU Pemilu direvisi. Alasannya, agar masyarakat bisa mengetahui rekam jejak para calon kepala daerah sebelum memutuskan. Selain itu, dengan merevisi UU Pemilu, maka pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu kepala daerah akan dipisah tahun pelaksanaannya. Pemilu kepala daerah bisa dilangsungkan pada 2022 atau 2023. 

Demokrat juga ingin presidential threshold (ambang batas presiden) diturunkan lewat revisi UU Pemilu.

Baca Juga: Partai Demokrat Tunggu Komitmen Presiden Jokowi Revisi UU ITE

"Saya khawatir jika tidak ada terobosan besar soal kebebasan dan normalisasi UU Pemilu, Pak Jokowi hanya akan dikenang rakyat sebagai Presiden yang gagal menyejahterakan rakyat dan menjadi bapak Stabilitas Politik Semu," kata Andi dalam akun Twitter resminya @Andiarief__ Selasa (16/2).
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x