Kompas TV nasional politik

Kapolri Listyo Sigit Keluarkan Izinkan untuk Turnamen Pramusim, Rencananya Digelar Meret 2021

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 22:40 WIB
kapolri-listyo-sigit-keluarkan-izinkan-untuk-turnamen-pramusim-rencananya-digelar-meret-2021
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Menpora Zainudin Amali memeberian kererangan terkait izin kompetisi sepakbola. (Sumber: dok Kemenpora)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepolisian mengizinkan PSSI untuk menggelar turnamen sepakbola sebelum kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 dimulai.

Rencananya turnamen pramusim ini bertajuk piala Menpora ini akan digelar pada Maret 2021.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan dikeluarkannya izin penyelenggaraan turnamen setelah Menpora, PSSI dan PT Liga Baru Indonesia (PT LIB) memastikan bahwa protokol kesehatan dijalankan secara disiplin.

Baca Juga: Kapolri Izinkan Liga 1 Digelar Jika Piala Menpora Berjalan dengan Baik Sesuai Protokol Kesehatan

“Dalam rapat kita sepakat untuk kita berikan kesempatan, tentunya dengan catatan bahwa penegakan protokol kesehatan itu menjadi syarat utama," kata Sigit dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Jenderal Listyo menambahkan jika dalam turnamen pramusim ini protokol kesehatan dapat dijalankan secara disiplin maka tidak menutup kemungkinan izin untuk kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 juga dikeluarkan.

Untuk itu, Listyo berharap seluruh pihak yang terkait, mulai dari klub sepakbola, pemain, supporter dapat berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau itu semua bisa berjalan dengan baik, kemudian penegakan aturan terkait dengan protokol kesehatan bisa berjalan dengan baik, maka terkait dengan program kompetisi selanjutnya kita akan memberikan izin penyelenggara," ujar Jenderal Listyo.

Baca Juga: PSSI Jadikan Piala Menpora Nama Turnamen Pramusim, Iwan Bule: Terima Kasih Bapak Menpora

Turnamen pramusim ini akan diikuti 20 tim sepakbola. Sebanyak 18 tim sepakbola di Liga 1 dan dua tim sepakbola dari Liga 2, yakni Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Rencananya kick off turnamen pramusim berlangsung pada 20 Maret 2021. Ada empat kota yang rencananya bakal menjadi tuan rumah yaitu Solo, Bandung, Sleman, dan Malang. Alternatif lainnya adalah Solo, Bandung, Malang, dan Palembang.

Untuk pemilihan kota tuan rumah belum bisa dipastikan karena PSSI dan PT LIB masih memonitor perkembangan situasi dan kondisi penyebaran pandemi Covid-19.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x