Kompas TV internasional kompas dunia

Operasional Shinkansen, Sekolah & Bisnis di Fukushima dan Miyagi Masih Terhenti

Kompas.tv - 16 Februari 2021, 10:38 WIB
operasional-shinkansen-sekolah-bisnis-di-fukushima-dan-miyagi-masih-terhenti
Operasional kereta peluru Shinkansen masih belum berjalan hingga kini. (Sumber: Twitter)

TOKYO, KOMPAS.TV - Operasional kereta peluru Shinkansen masih belum berjalan hingga kini. Kereta yang menghubungkan wilayah Tokyo dan timur laut Jepang itu masih terganggu setelah gempa 7,3 melanda Fukushima dan Miyagi pada Sabtu (13/2/2021) malam lalu.

Operator penerbangan dan bus Jepang pun memutuskan untuk meningkatkan layanan transportasi publik.

Dikutip dari Kyodo News, pihak Japan Airlines Co dan All Nippon Airways Co mengatakan, mereka akan meningkatkan jumlah penerbangan antara wilayah Tohoku dan bandara Haneda Tokyo serta bandara Itami di wilayah Osaka.  

Mereka juga akan menggunakan pesawat yang lebih besar untuk beberapa penerbangan.

Sementara itu, JR Bus Tohoku Co yang berbasis di Sendai Prefektur Miyagi, akan menambah lebih dari 20 layanan yang menghubungkan area metropolitan Tokyo dengan stasiun Fukushima dan Sendai.

"Kami mungkin akan membahas peningkatan layanan bus lebih lanjut jika situasinya membutuhkan," kata seorang pejabat di cabang perusahaan Morioka di Prefektur Iwate.  

Gempa berkekuatan 7,3 tercatat 6 besar pada skala intensitas seismik Jepang 7 di beberapa bagian prefektur Fukushima dan Miyagi. Gempa itu telah merusak tiang listrik dan jembatan di Jalur Tohoku Shinkansen.

Operasi kereta cepat telah dihentikan antara Stasiun Nasushiobara dan Morioka di prefektur Tochigi dan Iwate sejak Minggu (14/2/2021).

Sementara itu, East Japan Railway Co mengatakan, mereka telah menghentikan sebagian layanan kereta antara Morioka dan Shin-Hakodate-Hokuto Hokkaido, dan hanya menjalankan satu atau dua kereta per jam antara Stasiun Tokyo dan Nasushiobara.

Operator kereta cepat wilayah itu yang dikenal sebagai JR East, akan melanjutkan layanan antara Stasiun Ichinoseki dan Morioka di Prefektur Iwate pada Selasa (16/2/2021).

Layanan ini diperkirakan akan berlangsung sampai selesainya perbaikan yang memakan waktu sekitar 10 hari dan dibukanya kembali layanan kereta cepat  shinkansen Tohoku kembali beroperasi normal.

Pihak operator kereta cepat sejak Senin (15/2/2021) telah mengurangi layanan Shinkansen Akita antara Stasiun Akita dan Morioka, serta shinkansen Yamagata antara Stasiun Fukushima dan Shinjo.

Baca Juga: Pusat Gempa Fukushima Jepang Dekat Lokasi Tsunami 10 Tahun Lalu



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x