Kompas TV nasional viral

Akun Ini Diduga Lakukan Penipuan dengan Modus Trik 'Twitter Do Your Magic'

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 15:58 WIB
akun-ini-diduga-lakukan-penipuan-dengan-modus-trik-twitter-do-your-magic
Tangkapan layar akun Twitter yang diduga lakukan penipuan dengan modus Twitter do your magic. (Sumber: Twitter.)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Penipuan dengan modus minta bantuan dan embel-embel "Twitter Do Your Magic" di Twitter kembali terjadi.

Penipuan ini bermula saat akun Twitter @grupmpysfd mengaku ditipu oleh orang yang memesan kue kepada ibunya, namun tiba-tiba dibatalkan. Padahal kue-kue sudah jadi dan tinggal di antar. Ia juga menyertakan foto berbagai kue di cuitan tersebut.

Akun Twitter @grumpysfd pun tak segan-segan meminta bantuan kepada warganet untuk membeli kue yang sudah dimasak ibunya.

"TWITTER PLEASE DO YOUR MAGIC. Ibu ku habis ketipu sama orang dan bener2 rugi parah. Aku ga tau harus bantuin gimana selain lewat Twitter. Ibu aku dapet orderan besar kue kue ini tapi tiba-tiba yang order cancel gitu aja lalu nomor ibu aku diblokir," tulis akun tersebut.

Cuitan tersebut pun ramai hingga mendapatkan 30 ribu suka dan 15 ribu retweet. Tak jarang warganet yang juga mengirimnya uang untuk membantunya.

Baca Juga: Pengakuan Sopir Avanza yang Tersesat di Gunung Putri: Lihat Jurang, Jalan Bagus dan Banyak Lampu

Sayangnya, cerita yang dibuat oleh @grumpysfd ini diduga sebagai penipuan berkedok “Twitter Do Your Magic”.

Akun Twitter @millaoktaviaa milik Milla Oktavia ini membeberkan dalang dibalik penipuan tersebut.

“Bismillah, setelah scroll 2 jam, gue ma bikin thread sekaligus spill siapa orang di balik akun @grumpysfd ini,” tulisnya Milla Oktavia dalam utasnya.

Melalui utas tersebut, Milla merangkum cerita akun Twitter yang mengaku ditipu tetapi malah melakukan penipuan kepada orang lain.

Baca Juga: Survei: 52 Persen Warga Jakarta Puas Kinerja Anies, Paling Berhasil Menyalurkan Bansos Covid-19

Milla meneruskan pesan seorang warganet yang mengatakan bahwa foto yang diunggah oleh pelaku merupakan foto orang lain.

Hal ini dibuktikan dengan tangkapan layar percakapan warganet tersebut dengan pemiliki asli foto yang digunakan Egi untuk melakukan penipuan.

Milla pun membeberkan sosok pelaku yang melakukan penipuan dengan mengunggah foto kue orang lain Twitter ini. Menurut Milla, pemilik akun tersebut bernama Egi, yang merupakan mahasiswa hukum di salah satu universitas di Jambi yang baru menginjak semester 2.

Milla juga menemukan akun real dari @grumpysfd yang merujuk pada akun bernama @arterybb.

Merasa dituduh sebagai orang dibalik penipuan tersebut, akun @arterybb pun mengatakan bahwa dirinya dijebak oleh orang yang tidak menyukai dirinya hinga menyebar semua informasi pribadinya.

“Aku sekarang cuma kayak ngerasa dijebak sama orang yang gak suka sama aku. Informasi pribadi aku udah kesebar, foto, alamat, dsb,” tulisnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x