Kompas TV nasional peristiwa

Kenangan AHY Pada Syarifuddin Tippe, Rektor Pertama Unhan yang Meninggal Kemarin

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 14:21 WIB
kenangan-ahy-pada-syarifuddin-tippe-rektor-pertama-unhan-yang-meninggal-kemarin
Almarhum Letjen (purn) Syarifuddin Tippe (Sumber: Universitas Pertahanan-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dunia militer kembali berduka. Letjen (purn) Syarifuddin Tipe, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) yang pertama, meninggal dunia dalam usia 67 tahun, Minggu (14//2/2021) dan dimakamkan hari itu juga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.


Almarhum merupakan rektor  Unhan periode 2009-2012. Rupanya, ketika perguruan tinggi ini didirikan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sudah akrab. Kala itu AHY, sapaanya, masih aktif di militer. 

Baca Juga: Mantan Ketum Partai Demokrat Subur Budhisantoso Disebut Dukung Kepemimpinan AHY 100 Persen

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka cita atas wafatnya Letjen (Purn) Prof. Dr. H. Syarifuddin Tippe. Saya cukup dekat dengan beliau ketika sama-sama mendirikan Universitas Pertahanan. Beliau adalah rektor pertama. Semoga jasa & pengabdian alm diterima di sisi Allah SWT. Amin," kata  anak pertama mantan Presiden SBY ini.

Unhan diresmikan pada 11 Maret 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Dilihat dari profilenya yang tercantum dalam idu.ac.id, gagasan pendirian Unhan lahir  ketika Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Djoko Santoso menugaskan Komandan Seskoad Mayjen TNI Syarifudin Tippe untuk membuat Kursus Strategi Perang Semesta di Seskoad. 

Baca Juga: Sembahyang Imlek di Wihara Berlangsung dengan Protokol Kesehatan Ketat

Kursus inilah yang menjadi cikal bakal perwujudan ide untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang mempelajari studi pertahanan. kebetulan, gagasan untuk memiliki perguruan tinggi di bidang pertahanan juga dimiliki oleh SBY selagi masih aktif di militer, sehingga pendirian Unhan disambut dengan baik dan didukung oleh SBY yang waktu itu sudah menjadi presiden.

Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu I, Profesor Juwono Sudarsono termasuk salah tokoh yang ikut membidani lahirnya Unhan.

Baca Juga: Dari Gibran, Risma, AHY, Raffi Ahmad dan Petahana Anies Baswedan, Ramai Muncul di Pilgub Jakarta...
Almarhum Syarifuddin Tippe lahir di Sinjai, Sulawesi Selatan pada 7 Agustus 1953. Setelah lulus dari Akademi Militer (Akmil) tahun 1975, berbagai pos militer pernah di duduki, antara lain sebagai Kasum TNI, Wakil KSAD, dan Pangdam II/Sriwijaya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x