Kompas TV nasional politik

Dari Gibran, Risma, AHY, Raffi Ahmad dan Petahana Anies Baswedan, Ramai Muncul di Pilgub Jakarta...

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 08:20 WIB
dari-gibran-risma-ahy-raffi-ahmad-dan-petahana-anies-baswedan-ramai-muncul-di-pilgub-jakarta
Ilustrasi kotak suara untuk Pilkada. (Sumber: KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta memang masih belum bisa dipastikan kapan digelar menyusul mandeknya pembahasan revisi UU Pemilu. 

Meski Ketua Komisi II DPR Doli Kurnia sudah mengatakan bahwa komisinya tidak akan melanjutkan revisi UU Pemilu sejalan dengan keinginan pemerintah dimana salah satu poin penting dalam UU ini adalah Pemilu Presiden dan Pemilu Kepala Daerah akan dilaksanakan serentak tahun 2024 namun nama-nama calon yang akan bersaing memperebutkan kursi Jakarta 1 mulai mengapung. 

Mulai petahana Anies Baswedan hingga putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka. 

Berikut ini, Kompas.tv merangkum dari berbagai sumber sejumlah nama-nama yang mulai disebut bakal maju dalam Pilgub Jakarta:

1. Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Sumber: Youtube Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur petahana Anies Baswedan disebut-sebut bakal mencalonkan lagi jika Pilgub diadakan tahun depan 2022.

Sebagai incumbent Anies memiliki kans kuat kembali jadi gubernur Jakarta.

Ujang Komarudin, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia mengatakan pertemuan Anies dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beberapa waktu lalu sebagai upaya Anies melobi Gerindra untuk mendukung dirinya dalam Pilkada DKI.

Apalagi, Gerindra menjadi salah satu partai yang mendukung Pilkada DKI digelar pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Ini Harapan Anies Baswedan di Tahun Kerbau Logam Putih

"Saya melihat Anies bertemu Prabowo, bisa saja untuk melobi hal itu. Bisa jadi melobi agar bisa merevisi agar Pilkada dilaksanakan di 2022 untuk DKI dan 2024 untuk yang lain," kata dia, Sabtu (6/2/2021) seperti dikutip dari Tribun Jakarta.

Hal ini pun dinilai Ujang sebagai pertanda partai berlambang burung garuda itu tak bakal mengusung Anies dalam Pilkada DKI selanjutnya

"Faktanya memperlihatkan Gerindra secara kepartaian, khususnya Prabowo sebagai bagian dari koalisi (pemerintah pusat) mendukung (Pilkada DKI) tetap di 2024. Tapi kalau Gerindra mendukung Anies seharusnya Gerindra ngotot revisi UU itu sehingga Pilkada di 2022," tuturnya.

Baca Juga: Anies Baswedan: Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet

2. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menghadiri pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat tahun 2018 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/03/2018). (Sumber: KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Nama AHY muncul sebagai kandidat yang akan ikut dalam pertarungan Pilgub Jakarta lantaran Partai Gerindra menuding bahwa Partai Demokrat sedang menjagokan ketua umumnya itu dengan cara merevisi UU Pemilu, yang salah satunya melaksanakan Pilkada 2022.

"Publik juga boleh curiga dengan PD. Jangan-jangan ada kepentingan mereka saja yang ngotot Pilkada 2022, mungkin Pak AHY mau maju Pilgub DKI. Who knows? Ya tapi itu juga hak mereka," kata politikus Partai Gerindra Habiburokhman seperti dikutip dari Kompas.tv.

Baca Juga: [FULL] Pernyataan Agus Harimurti Yudhoyono Usai Bertemu Jokowi

3. Tri Rismaharini

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma. (Sumber: DOK Pemkot Surabaya/Kompas.com)

Nama Risma mengemuka sebagai kandidat calon Gubernur DKI setelah dalam beberapa kesempatan Menteri Sosial itu rajin blusukan di ibu kota.

Kelompok Pemuda Jawa Timur yang kini berdomisili di DKI Jakarta mendeklarasikan diri sebagai Relawan Pasukan Tri Rismaharini (Pasutri), Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/1/2021).

Relawan Pasutri mendukung penuh Risma untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x