Kompas TV regional viral

Viral! Ibu Muda Hamil 1 Jam Setelah Itu Melahirkan, Ahli: Itu Hamil Samar

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 08:45 WIB
viral-ibu-muda-hamil-1-jam-setelah-itu-melahirkan-ahli-itu-hamil-samar
Siti Zainah, ibu di Cianjur yang mengaku melahirkan bayi tanpa mengandung terlebih dahulu. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Gading Persada

CIANJUR, KOMPAS.TV- Siti Zainah mendadak viral lantaran mengaku melahirkan tanpa merasakan kehamilan 9 bulan seperti pada umumnya.

Sejumlah ahli menyebut apa yang dialami ibu muda berusia 25 tahun di Kampung Gabungan RT 02/02, Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat itu sebagai kehamilan samar.

Eman Sulaeman, Kepala Puskesmas Cidaun mengatakan terkait adanya kelahiran bayi tanpa merasa mengandung seperti yang dialami Siti Zainah jika dilihat dari sisi medis adalah hal yang tidak mungkin.

Baca Juga: Heboh Ibu Muda Melahirkan Tanpa Hamil di Cianjur, Polisi: Punya Suami Tapi Bercerai 4 Bulan Lalu

“Dalam dunia medis ada yang disebut cryptic pregnancy atau hamil samar, di mana si ibu tidak menyadari dirinya sedang hamil dan baru tahu setelah tiba waktunya melahirkan. Jadi ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi walaupun kasusnya tidak banyak,” kata Eman seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Dia mengatakan, terkait kehamilan yang tersembunyi itu bisa disebabkan dari bentuk organ tubuh dan bisa juga dari riwayat KB yang dipakai sehingga proses kehamilannya tidak bisa terdeteksi.

“Kalau menurut saya ini proses kehamilan yang normal namun tidak terlihat. Munculnya saat peroses persalinan,” imbuhnya.

Baca Juga: Viral Videonya Dorong Truk Susu di Jalan Menanjak Bersalju, Wanita Ini Dihadiahi Susu Gratis Setahun

Menurutnya, opini yang beredar di warga masyarakat itu wajar karena secara awam tidak tahu dalam hal proses kehamilan. Padahal dalam kehamilan itu ada yang namanya kehamilan tersembunyi.

Dia pun bersyukur untuk proses kelahirannya dibantu oleh bidan puskemas.

“Setelah saya cek ke lokasi bersama sama Kapolsek dan Pak Camat, keadaan ibu dan bayinya dalam keadaan sehat dan proses kelahirannya normal,”kata dia.

Senada diutarakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Cianjur Irvan Nur Fauzi yang menyebut peristiwa itu termasuk bukan hal baru, tetapi bisa disebut peristiwa langka.

Dalam dunia medis, apa yang dialami Siti Zainah dikenal dengan cryptic preganancy atau kehamilan samar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x