Kompas TV internasional kompas dunia

Temukan 3 Kasus Covid-19 Baru dalam Komunitas, Kota Auckland Berlakukan Lockdown

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 04:37 WIB
temukan-3-kasus-covid-19-baru-dalam-komunitas-kota-auckland-berlakukan-lockdown
Ribuan warga kota Wellington menyaksikan konser musik Six60 tanpa masker dan tanpa menjaga jarak, Sabtu (13/2/2021). Namun setelah Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan ditemukannya tiga kasus Covid-19 baru dalam komunitas di Auckland, Minggu (14/2/2021), kewaspadaan masyarakat di Selandia Baru langsung meningkat. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Kota Auckland yang merupakan kota terbesar di Selandia Baru, akan diisolasi selama tiga hari , mulai dari Senin (15/2/2021) pukul 00.00. Hal ini dilakukan menyusul ditemukannya tiga kasus baru Covid-19 dalam komunitas masyarakat di Auckland.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan langkah tersebut setelah melakukan pertemuan dengan anggota parlemen. Dia mengatakan, mereka memutuskan untuk mengambil pendekatan hati-hati sampai mereka dapat mengumpulkan lebih banyak informasi tentang kasus yang baru muncul.

“Saya meminta warga Selandia Baru untuk terus menjadi kuat dan baik hati,” kata Ardern pada konferensi pers pada Minggu (14/2/2021) malam.

Baca Juga: Baru Mulai Vaksinasi Covid-19 20 Februari, Warga Selandia Baru Sudah Bebas Berpesta Tanpa Masker

“Saya tahu kita semua merasakan hal yang sama ketika ini terjadi. Kita semua mendapatkan perasaan 'tidak lagi (untuk lockdown)'. Tapi ingat, kita pernah berada (di posisi) ini sebelumnya dan itu berarti kita tahu bagaimana keluar dari ini lagi, dan itu (kita lakukan) bersama," ujarnya.

Dalam peningkatan status waspada ini, kota Auckland berada dalam status siaga level 3, dimana dalam tingkatan ini, perjalanan dari dan ke Auckland hanya boleh dilakukan untuk keperluan yang sangat penting. Selain itu, warga di Auckland hanya boleh melakukan kerumunan sebanyak maksimal 10 orang. Warga juga diminta untuk menjaga jarak dan memakai masker.

“Kami juga meminta warga di Auckland untuk tentap tinggal di rumah, serta kerja dan belajar dari rumah jika memungkinkan,” ujar pemberitahuan dari pemerintah Selandia Baru dalam akun Instagram @uniteagainstcovid19, yang merupakan saluran resmi pemerintah tentang informasi mengenai Covid-19.

Hanya beberapa menit setelah Ardern mengumumkan peningkatan status waspada ini, seluruh warga Selandia Baru pun mendapatkan sms tentang pemberitahuan informasi baru ini. Dengan adanya penyebaran informasi yang masif, warga pun langsung meningkatkan kewaspadaan.

Sedangkan bagi kota-kota lain di Selandia Baru, status kewaspadaan ditingkatkan menjadi level 2. Dalam level 2 ini, sekolah dan perkantoran masih tetap buka, namun harus memakai masker jika menggunakan kendaraan umum. Sedangkan kerumunan dibatasi menjadi maksimum 100 orang.

Berdasarkan pantauan Kompas TV di kota Wellington, kehidupan warga masih berjalan seperti biasa. Sekolah dan perkantoran masih tetap dibuka. Namun warga yang menaiki kendaraan umum di kota ini sudah kembali mengenakan masker. Sebelumnya, warga di Selandia Baru telah hidup kembali ke masa sebelum Covid-19 dengan tidak mengenakan masker dan tidak perlu menjaga jarak sosial.

Baca Juga: Gempa Bawah Laut yang Kuat Melanda Bagian Utara Selandia Baru



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x