Kompas TV nasional peristiwa

Gubernur Anies Baswedan: Semoga Imlek Tahun 2021 Penuh Tanda Keberhasilan

Kompas.tv - 12 Februari 2021, 07:04 WIB
gubernur-anies-baswedan-semoga-imlek-tahun-2021-penuh-tanda-keberhasilan
Gubernur Anies Baswedan memastikan tidak ada lockdown akhir pekan di DKI Jakarta. (Sumber: Youtube Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2572 kepada warga Tionghoa dan umat Khonghucu. Anies berharap Imlek tahun 2021 ini bejalan sukses dan lancar dan awal dari keberhasilan. "Semoga berjalan lancar, sukses dan penuh tanda-tanda keberhasilan," katanya melalui video, Jumat (12/2/2021).   


Menurut Anies tahun baru Imlek ini ditandai dengan pergantian dari tahun shio tikus logam ke kerbau logam putih. Kerbau logam putih adalah shio kedua dalam zodiak Tiongkok. "Sehingga siapapun yang lahir pada tahun tersebut dipercaya memiliki kepribadian yang tangguh dan bisa diandalkan," katanya.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit: Semoga Imlek Membawa Rezeki Berlimpah


Sebelumnya,  Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga  mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2572. "Semoga Imlek membawa rezeki yang berlimpah dan kesehatan untuk kita semua," kata Listyo.

Imlek yang jatuh pada hari ini diperingati secara sederhana oleh warga Tionghoa dan umat Konghucu. Hal ini karena pandemi masih terjadi.

Baca Juga: Perayaan Imlek 2572 Kongco Dwipayana Tetap Dibuka Untuk Persembayangan, Dengan PROKES

Pemerintah melalui Menteri Agama dan Menteri Kesehatan sudah menghimbau umat Konghucu merayakan Imlek di rumah saja.

Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) sudah mengeluarkan himbauan kepada warga Tionghoa dan umat Konghucu. Dalam perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili kali ini  perlu melakukan hal-hal sebagai berikut : 

 

1. Melakukan sembahyang cukup dari rumah, baik pada malam menjelang awal tahun baru, hari pertama tahun baru, malam tanggal 9 bulan pertama Imlek, maupun capgomeh (tanggal 15. Hari akhir perayaan Imlek).

2. Makan bersama keluarga di malam menjelang tahun baru atau yang lain, hanya dibatasi bagi keluarga serumah saja, tanpa mengundang siapapun yang beda rumah 

3. Silaturahmi cukup dengan telepon, video vall, whats app, dan alat komunikasi lain. 

4. Tidak menghadiri acara apapun, termasuk saat capgomeh secara langsung, cukup via virtual saja



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x