Kompas TV olahraga kompas sport

Polri Akhirnya Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Digelar pada 2021

Kompas.tv - 3 Februari 2021, 20:31 WIB
polri-akhirnya-izinkan-liga-1-dan-liga-2-digelar-pada-2021
Liga 1. (Sumber: NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akhirnya memberikan izin pelaksanaan kegiatan olahraga sepak bola terutama Liga 1 dan Liga 2.

Polri menyatakan bahwa Liga 1 dan Liga 2 kemungkinan bisa digelar pada tahun 2021. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri Kombes Polisi Budi Sajidin dalam seminar daring yang diikuti di Jakarta, Rabu (03/02/2021).

Baca Juga: Pelatih Bali United Stefano Cugurra: Semoga Liga 1 tahun ini Bisa Segara Terlaksana

"Kemarin saya mendapatkan informasi dari Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto yang menyatakan bahwa kegiatan liga sepak bola kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan," ujar Budi yang dilansir dari Antara.

Meski demikian, dia mewajibkan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah COVID-19. Salah satu permintaan dari Polri ialah semua pertandingan berlangsung baik Liga 1 maupun Liga 2 harus tanpa penonton.

Baca Juga: PSSI Hentikan Kompetisi Liga 1 Musim 2020-2021, PSS: Kami Punya Waktu Bernafas

"Pada prinsipnya, kami sayang kepada masyarakat. Kami ingin kegiatan ini maju dan bisa berkompetisi kembali," tutur Budi.

Pernyataan Budi ini menjadi angin segar bagi PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sebelumnya, Polri sama sekali tidak memberikan izin untuk menggelar Liga 1 dan 2 yang membuat musim 2020 terpaksa dihentikan total bahkan hingga dibatalkan.

Baca Juga: PSSI Hentikan Liga 1 dan Liga 2

Menurut Budi, Polri ketika itu belum memberikan izin karena mereka menaati peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan telegram Kapolri.

Namun, setelah berdiskusi dengan berbagai pihak termasuk Menpora Zainudin Amali. Budi menyebut Polri siap memberikan izin pelaksanaan liga.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi sepakbola saja melainkan semua cabang olahraga. Budi pun mengingatkan, cabang-cabang olahraga lain juga harus mengajukan permohonan terkait administrasi dalam pencegahan Covid-19.

Baca Juga: PSSI Resmi Batalkan Liga 1 dan 2 Musim 2020-2021

"Tolong bersurat ke Mabes Polri, mengajukan kegiatan olahraga. Lampirkan persyaratan-persyaratan protokol kesehatan ketat dan dilampirkan pula surat dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, rekomendasi KONI dan Menpora, agar nanti dibahas di Mabes Polri," tutur Budi.

PT LIB sendiri berencana menggelar Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Apabila, izin Polri bisa keluar lebih cepat, PSSI dan LIB berencana menggelar kompetisi pramusim sebelum Lebaran.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x