Kompas TV regional berita daerah

Pandemi Covid-19, Kasus DBD Di Palembang Turun

Kompas.tv - 31 Januari 2021, 15:55 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Kasus Demam Berdarah Dengeu, atau DBD di Palembang Sumatera Selatan menurun selama Pandemi Covid-19. Namun muncul kekhawatiran turunnya kasus DBD akibat warga yang berobat ke Layanan Kesehatan saat pandemi juga turun.

Dinas Kesehatan Kota Palembang mencatat pada Januari 2021 penderita Demam Berdarah Dengue, atau DBD hanya 9 kasus, turun jika dibandingkan pada Janauri tahun sebelumnya sebanyak 89 kasus.

Sejak Maret 2020 bersamaan dengan Pandemi Covid-19 penderita DBD terus turun di Kota ini yang diduga akibat turunnya warga yang memeriksakan kesehatannya ke Fasilitas Kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit.

Desember hingga Januari menjadi puncak DBD selama ini di Palembang, warga diminta secara masif melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk dengan 3 M, yakni Menutup, Menguras dan Mengubur.

Dinkes Palembang akan melakukan penyuluhan di Puskesmas untuk masyarakat terkait dampak akibat DBD jika penanganan yang terlambat.

Palembang merupakan daerah dengan penderita DBD tertinggi setiap tahunnya di Sumsel dan merupakan penyakit Endemis, akibat sejumlah faktor seperti kepadatan penduduk, mobilisasi serta memiliki topografi rendah.

#Covid19 #DBD #Palembang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x