Kompas TV nasional hukum

Kapolri Listyo Sigit Ditantang Tangkap Abu Janda, MUI: Umat di Mana-mana Sudah Teriak-teriak

Kompas.tv - 30 Januari 2021, 20:23 WIB
kapolri-listyo-sigit-ditantang-tangkap-abu-janda-mui-umat-di-mana-mana-sudah-teriak-teriak
Abu Janda (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan pegiat media sosial Permadi Arya atau lebih dikenal Abu Janda dinilai menjadi pertaruhan reputasi dan janji Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru. 

Seperti diketahui, Abu Janda diduga telah melakukan ujaran bernada rasisme terhadap mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai.

Itu sebabnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan, bahwa kasus tersebut akan menjadi ujian pertama bagi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Baca Juga: Buntut Dugaan Rasisme, Kini Arya Permadi Alias Abu Janda Juga Dipolisikan KNPI

“Kasus Abu Janda ini akan menjadi alat ukur bagi masyarakat dalam menilai kerja dan kinerja Kapolri yang baru. Untuk itu, kita tunggu dan lihat saja sikap dan tindakan dari Kapolri," kata Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas melalui keterangan resminya yang dikutip dari Tribunnews.com pada Sabtu (30/1/2021).

Anwar Abbas meyakini bahwa Jenderal Listyo Sigit sebagai Kapolri akan segera bersikap dan tidak akan berdiam diri saja.

“Karena umat dan masyarakat di mana-mana sudah berteriak-teriak meminta supaya Abu Janda ini karena pernyataan-pernyataannya yang meresahkan tersebut agar ditangkap dan diproses secara hukum,” ucap Anwar Abbas.

Namun demikian, Anwar menyayangkan, pihak kepolisian belum mengambil tindakan terhadap Abu Janda.

Padahal, menurut dia, sepak terjang Abu Janda telah banyak merusak citra pemerintah, terutama citra dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan kepolisian.

Baca Juga: Permadi Ingin Lengserkan Joko Widodo, Gerindra: Pernyataannya Tak Wakili Partai

“Tapi dalam faktanya pihak kepolisian tetap tidak dan belum melakukan apa-apa terhadap yang bersangkutan,” ujar Anwar.

Anwar menambahkan, hal tersebut jadi terkesan bahwa Abu Janda ini adalah orang yang dipelihara oleh pihak pemerintah dan kepolisian untuk mengobok-obok umat Islam.

Lebih lanjut, dia mengatakan, jika pengaduan dari KNPI tetatp tidak direspons, maka citra kepolisian di mata masyarakat akan semakin terpuruk.

"Menurut saya, bila tuntutan anak-anak muda dari KNPI ini tetap tidak direspons dan tidak ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, maka citra pemerintah dan polisi di mata masyarakat akan semakin jatuh," kata Anwar Abbas.

Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Permadi Arya alias Abu Janda telah dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan ujaran rasisme lewat media sosial Twitter pribadinya kepada aktivis Papua Natalius Pigai pada Kamis (28/1/2021).

Baca Juga: Alasan Susi Pudjiastuti Ajak Netizen Unfollow Abu Janda, Terkait Cuitan Islam Arogan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x