Kompas TV regional peristiwa

Viral Video Buaya Dibantai Ramai-Ramai, BKSDA Sayangkan Menangkapnya Sadis sampai Mati

Kompas.tv - 30 Januari 2021, 16:07 WIB
viral-video-buaya-dibantai-ramai-ramai-bksda-sayangkan-menangkapnya-sadis-sampai-mati
Buaya yang dibantai pawang dengan disaksikan ratusan warga di Sungai Batang Pasaman, Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (29/1/2021) malam. (Sumber: Youtube)
Penulis : Fadhilah

PADANG, KOMPAS.TV - Jagat dunia maya tengah diramaikan dengan viralnya sebuah video pembantaian buaya.

Pada video tersebut terlihat orang yang diduga sebagai pawang sedang berupaya menangkap buaya. Penangkapan tersebut juga dibantu warga ramai-ramai.

Sementara ada pula ratusan warga yang menyaksikan pembantaian buaya itu tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Terlihat warga tidak jaga jarak, malahan berdesakkan tanpa memakai masker.

Baca Juga: Tubuh Wanita Ditemukan Didalam Rahang Buaya Raksasa, BKSDA Jambi: Kami Lakukan Penangkapan

Video berdurasi 16 menit 28 detik yang diunggah akun YouTube Indra N Fish itu bahkan sudah ditonton 20.000 lebih warganet dan diunggah pada Jumat (28/1/2021).

 

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Ade Putra membenarkan kejadian tersebut.

Menurut Ade, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (29/1/2021) malam di Sungai Batang Pasaman, Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Betul. Ini sangat disayangkan karena buaya adalah satwa yang dilindungi negara," kata Ade dikutip dari Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Ade mengatakan, warga diduga melanggar pasal 21 ayat 2 huruf a Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Mereka yang membunuh satwa dilindungi negara dapat dipidana penjara maksimal 5 tahun sesuai dengan UU No. 5 Tahun 1990.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x