Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian: Indonesia Urutan 85 Kinerja Penanganan Covid-19, Selandia Baru Terbaik, Brazil Terburuk

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 07:50 WIB
penelitian-indonesia-urutan-85-kinerja-penanganan-covid-19-selandia-baru-terbaik-brazil-terburuk
Sebuah penelitian menempatkan Indonesia Urutan 85 kinerja penanganan Covid-19 dari 98 negara dalam penanganan pandemi Covid-19, menurut penelitian yang diterbitkan oleh sebuah lembaga pemikir terkemuka Australia pada hari Kamis, (28/01/2021) seperti dilansir AFP (Sumber: Kompas TV/Lowy Institute)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PARIS, KOMPAS.TV - Sebuah penelitian menempatkan IIndonesia urutan 85 kinerja penanganan Covid-19 dari 98 negara dalam kinerja penanganan pandemi Covid-19, menurut penelitian yang diterbitkan oleh sebuah lembaga pemikir terkemuka Australia pada hari Kamis, (28/01/2021) seperti dilansir AFP. 

Brasil berdasarkan penelitian tersebut memiliki peringkat dengan kinerja terburuk di dunia, sementara Selandia Baru menduduki posisi terbaik dalam kinerja penanganan Covid-19. 

Lowy Institute Sydney menilai hampir 100 negara berdasarkan enam kriteria, termasuk kasus yang dikonfirmasi, kematian akibat Covid-19, dan tolok ukur metrik pengujian.

Baca Juga: Hasil Survei: Singapura Paling Tidak Korup di Asia, Nomor 3 Dunia. Apa yang Bisa Indonesia Teladani?

"Secara kolektif, indikator-indikator ini menunjukkan seberapa baik atau buruk kinerja negara-negara dalam menangani pandemi," menurut laporan badan independen tersebut.

Selain Selandia Baru, Vietnam, Taiwan, Thailand, Siprus, Rwanda, Islandia, Australia, Latvia, dan Sri Lanka menjadi yang teratas 10 untuk kinerja mereka menghadang virus Covid-19

Di tempat terbawah adalah Brasil, diikuti oleh Meksiko, Kolombia, Iran, dan Amerika Serikat.

Brasil mencatat lebih dari 218,000 kematian akibat virus Corona - jumlah korban kedua setelah Amerika Serikat.

Inggris, dengan jumlah kematian tertinggi di Eropa, berada di urutan ke-66. Italia, yang berhasil melewati lonjakan Covid-19 pertama di Eropa, berada di urutan ke-59. Jerman berada di peringkat ke-55. Belgia berada di urutan ke-72, diikuti oleh Prancis di urutan ke-73 dan Spanyol di urutan ke-78.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x