Kompas TV internasional kompas dunia

Sudah Selesai Karantina di Wuhan, Tim Peneliti WHO Mulai Selidiki Asal-Usul Virus Covid-19

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 14:02 WIB
sudah-selesai-karantina-di-wuhan-tim-peneliti-who-mulai-selidiki-asal-usul-virus-covid-19
Warga kota Wuhan, China, beraktivitas dengan menggunakan masker, Kamis, 14 Januari 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ahmad Zuhad

WUHAN, KOMPAS.TV - Tim peneliti akan memulai penyelidikan asal-usul virus corona di Cina pada Kamis (28/1/2021). Penyelidikan yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ini telah lama ditunggu-tunggu untuk mengungkap penyebab awal pandemi Covid-19.

Tim peneliti sebenarnya sudah tiba di pusat kota Wuhan pada Kamis (14/1/2021). Namun, mereka mesti melakukan karantina selama dua minggu terlebih dahulu di Jade Boutique Hotel.

Tim ini telah mendapat persetujuan dari Presiden Xi Jinping setelah perselisihan diplomatik berbulan-bulan yang memicu keluhan dari pimpinan WHO.

Baca Juga: Presiden Venezuela Tuai Kritik Usai Klaim Obat "Ajaib" Covid-19, Mana Data Saintifiknya?

Para ilmuwan menduga virus yang telah menewaskan lebih dari 2,16 juta orang sejak akhir 2019 itu menular dari kelelawar atau hewan lain ke manusia.

Partai Komunis China tersinggung oleh keluhan bahwa mereka membiarkan penyakit itu menular. Mereka juga mengklaim virus itu berasal dari luar negeri, tepatnya dari makanan laut impor. Namun, para ilmuwan dunia menolak klaim itu.

Tim peneliti berencana memeriksa pasar makanan laut yang terkait dengan sejumlah pasien pertama Covid-19 dan Institut Virologi Wuhan.

Pejabat Amerika menuduh Institut Virologi kebocoran virus Covid-19 hingga menyebabkan pandemi.

Tim peneliti juga berencana untuk mewawancarai para petugas medis untuk menentukan dari mana virus itu berasal dan bagaimana virus itu menular ke manusia.

Baca Juga: Boris Johnson Dianggap Gagal Atasi Covid-19, Piers Morgan Memintanya Mundur

Mengutip NHK.or.jp, beberapa pejabat WHO menyatakan ragu penyelidikan itu akan membantu mengidentifikasi asal virus. Hal itu mengingat sudah setahun berlalu sejak virus itu pertama menyebar.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x