Kompas TV internasional kompas dunia

Festival Film Cannes Prancis Ditunda ke Bulan Juli Akibat Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 05:43 WIB
festival-film-cannes-prancis-ditunda-ke-bulan-juli-akibat-pandemi-covid-19
Festival film paling bergengsi sejagat, yaitu Festival Film Cannes ditunda pelaksanaannya selama dua bulan ke tanggal 6 atau 17 Juli tahun ini, demikian pernyataan penyelenggara festival tersebut yang dilansir AFP, Kamis (28/01/2021) (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PARIS, KOMPAS.TV - Festival film paling bergengsi sejagat, yaitu Festival Film Cannes ditunda pelaksanaannya selama dua bulan ke tanggal 6 atau 17 Juli tahun ini, demikian pernyataan penyelenggara festival tersebut yang dilansir AFP, Kamis (28/01/2021)

Penundaan itu makin kentara beberapa minggu ini menyusul lonjakan tingkat penularan Covid-19 di Prancis yang disertai rencana karantina wilayah (lockdown).

"Seperti yang kami umumkan musim gugur lalu, Festival Film Cannes berhak mengganti tanggal pelaksanaan, bergantung pada bagaimana perkembangan situasi kesehatan dunia," kata penyelenggara dalam pernyataannya. 

"Awalnya dijadwalkan dari 11 ke 22 Mei 2021, kini festival rencananya akan digelar mulai Selasa 6 Juli hingga Sabtu, 17 Juli 2021,"

Baca Juga: Festival Film Sundance 2021 Akan Jadi Festival Film Terbesar yang Digelar Secara Virtual

Penundaan itu dianggap sebagai pertanda lain bagi industri yang terjengkang akibat penutupan bioskop selama satu tahun terakhir, penundaan berbagai kegiatan, pembatalan berbagai produksi film, dan meningkatnya keraguan apakah karpet merah berkilau itu akan kembali dilintasi berbagai bintang dunia. 

Tahun lalu, Festival Film Cannes dibatalkan secara total, pertama kalinya sejak perang dunia II. 

Hollywood Reporter melaporkan, penundaan ke bulan Juli memunculkan 'potensi konfrontasi' dengan festival pesaing  yaitu Festival Film Venesia yang dijadwalkan bulan September, "kedua acara itu akan bersaing untuk pemutaran perdana film serta penampilan bintang-bintang besar di atas karpet merah,"

Baca Juga: Bebas Covid, Warga Selandia Baru Sudah Bisa ke Festival Musik

"Penundaan tersebut, meskipun sudah diperkirakan, akan memiliki efek domino pada seluruh jadwal festival," lapor majalah tersebut.

Festival Film Venesia dijadwalkan pada 1 September, sementara tanggal baru Festival Film Cannes berarti hanya ada jeda sekitar satu bulan antara festival film nomor satu di Eropa dan nomor dua di Eropa." tulis Hollywood Reporter.

The Venice festival managed to go ahead last year under strict health restrictions, taking advantage of a lull in infection rates over the summer.

Festival Venesia berhasil digelar tahun lalu dengan pembatasan kesehatan yang ketat, memanfaatkan jeda tingkat infeksi selama musim panas.

Baca Juga: Festival Unta di Arab Saudi Batal Dilanjutkan Akibat Covid-19

Festival Film Berlin dibatalkan dan akan digelar secara online pada bulan Maret nanti, serta akan menggelar pemutaran publik pada bulan Juni. 

Festival Cannes biasanya menarik sekitar 45.000 orang dengan akreditasi resmi, di antaranya sekitar 4.500 jurnalis.

Pasar Filmnya, yang diadakan di samping pemutaran utama, adalah pasar industri terbesar bagi produser, distributor, pembeli, dan perencana produksi film.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x