Kompas TV regional peristiwa

Detik-detik Gunung Merapi Erupsi, Awan Panas Meluncur 44 Kali

Kamis, 28 Januari 2021 | 06:45 WIB

SLEMAN, KOMPAS.TV - Sejumlah warga Sleman Yogyakarta, mengungsi untuk mengantisipasi bahaya guguran awan panas. Sepanjang hari Rabu, Gunung Merapi mengeluarkan erupsi.

Erupsi Gunung Merapi disertai awan panas guguran terjadi sepanjang hari Rabu, hingga pukul enam petang, awan panas guguran Merapi terjadi sebanyak 44 kali, dan mengarah ke hulu sungai krasak dan boyong. 

Untuk antisipasi bahaya erupsi Gunung Merapi, pemerintah Kabupaten Sleman mengungsikan ratusan warganya yang tinggal di Dusun Turgo. 

Warga yang mengungsi mayoritas adalah warga lansia, anak-anak, dan ibu hamil.

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta terpantau kembali mengeluarkan awan panas. Hingga Rabu petang, awan panas guguran Merapi telah terjadi sebanyak 44 kali. 

Akibat erupsi Gunung Merapi, sejumlah daerah di lereng Gunung Merapi juga terpapar hujan abu vulkanik.

Selain warga di Yogyakarta dan sekitarnya, sejumlah petambang di aliran Kali Woro, Klaten Jawa Tengah, dipaksa untuk meninggalkan lokasi penambangan. 

Sejumlah sukarelawan meminta para petambang yang masih berada di aliran Kali Woro, untuk meninggalkan lokasi, sebelum lahar dingin mengalir. 

Mereka mengingatkan para petambang bahwa erupsi Merapi yang tengah terjadi ini cukup besar, dan sangat berbahaya.
 

Penulis : Merlion Gusti




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:19
GELEDAH APARTEMEN DALAM KASUS DUGAAN KORUPSI ASABRI, KEJAKSAAN AGUNG SITA 36 LUKISAN BERLAPIS EMAS   TELUSURI DUGAAN SUAP, KPK BENARKAN TELAH MINTA DIRJEN IMIGRASI CEGAH MANTAN PEGAWAI DITJEN PAJAK PERGI KE LUAR   PRESIDEN JOKO WIDODO MENYATAKAN "POSITIVITY RATE" KASUS KORONA DI INDONESIA TERUS MENURUN   PRESIDEN JOKOWI IMBAU MASYARAKAT INDONESIA TIDAK PERLU KHAWATIR DENGAN VARIAN BARU VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKO WIDODO: BELUM ADA BUKTI VARIAN BARU VIRUS KORONA LEBIH MEMATIKAN   JPU: DJOKO TJANDRA TERBUKTI MENYUAP JAKSA PINANGKI, IRJEN NAPOLEON, DAN BRIGJEN PRASETIJO DALAM KASUS "RED NOTICE"   JAKSA TUNTUT 4 TAHUN PENJARA DAN DENDA RP 100 JUTA TERHADAP DJOKO TJANDRA DALAM KASUS SUAP "RED NOTICE" DAN FATWA MA   GARUDA SEDIAKAN LAYANAN TES CEPAT ANTIGEN GRATIS BAGI PENUMPANG RUTE DOMESTIK SELAMA BULAN MARET 2021   KEJATI KEPULAUAN RIAU DAN KKP TENGGELAMKAN 6 KAPAL ASING BERBENDERA VIETNAM YANG MENCURI IKAN DI KEPULAUAN RIAU   SEMPAT DITUNDA, LAGA UJI COBA TIM NASIONAL SEPAK BOLA U-23 MELAWAN P-S TIRA PERSIKABO DIGELAR JUMAT, 5 MARET 2021   PRESIDEN JOKO WIDODO AJAK MASYARAKAT CINTA PRODUK DALAM NEGERI AGAR PRODUK LOKAL BISA KUASAI PASAR INDONESIA   HINGGA SAAT INI SUDAH 36.897 ORANG MENINGGAL AKIBAT TERPAPAR COVID-19 DI INDONESIA   RAPIMNAS PARTAI GOLKAR AKAN MEMBAHAS PEMULIHAN KESEHATAN DI TENGAH COVID-19 DAN EKONOMI NASIONAL   PARTAI GOLKAR AKAN MENGGELAR RAPIMNAS SECARA VIRTUAL PADA TANGGAL 5-6 MARET 2021