Kompas TV regional update corona

Pemprov DKI Siapkan 6 Lahan Baru untuk Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 05:15 WIB
pemprov-dki-siapkan-6-lahan-baru-untuk-pemakaman-jenazah-pasien-covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyambangi TPU Pondok Ranggon, Sabtu (19/9/2020) malam. (Sumber: Instagram.com/@aniesbaswedan)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan 6 lahan baru untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19. Salah satunya di TPU Rorotan, Jakarta Utara.

TPU Rorotan memiliki luas 25 hektare, saat ini Pemprov sedang menyiapkan 8.000 meter persegi dengan kapasitas 1.500 petak makam untuk jenazah pasien Covid-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau persiapan lahan di TPU Rorotan yang saat ini sedang dikerjakan.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Tembus 1 Juta, Ketersediaan RSDI DKI Lampaui 80 Persen!

Menurut Ahmad Riza minggu depan lahan di TPU Rorotan sudah bisa digunakan untuk memakamkan jenazah pasien Covid-19.

“Sekarang dalam proses pernyiapan lahan dan akses jalan menuju tempat pemakaman,” ujarnya disela peninjauan lahan pemakaman di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (27/1/2021).

Selain TPU Rorotan Pemprov DKI juga menyiapkan lima lokasi lain yang akan dijadikan tempat pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19.

Lokasi tersebut yakni, TPU Bambu Apus 2 (Bambu Wulung) di Jakarta Timur dengan total luas 5 hektar. Luasan lahan yang akan dipakai untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 yakni 3.000 meter persegi dengan kapasitas 800 petak makam.

Baca Juga: Penjelasan Wagub DKI Soal RS di Jakarta Selalu Penuh Pasien Covid-19

Selanjutnya TPU Srengseng Sawah 2 di Jakarta Selatan dengan total luas 3,4 hektar. Luas lahan yang sedang disiapkan adalah 1,2 hektar dengan daya tampung 1.900 petak makam.

TPU Tegal Alur di Jalan Sahabat, Jakarta Barat. Lokasi ini memiliki total luas 1,3 hektar. Namun luas lahan yang disiapkan saat ini adalah 5.000 meter persegi dengan daya tampung sebanyak 800 petak makam.

Kemudian Ruang Terbuka hijau (RTH) Kramat Tiga di Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan total luas 5,2 hektar dan mampu menampung 9.000 petak makam.

Serta RTH Jakan Raya Pondok Gede atau Dukuh II di Kramat Jati, Jakarta Timur dengan total luas 2,1 hektar. Lahan ini disebut memiliki kapasitas sebanyak 3.900 petak.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Masyarakat Umum Terima Vaksin Mulai Bulan Februari 2021

Ahmad Riza menambahkan meski Pemprov DKI telah berupaya menyediakan tempat pemakaman namun ia berharap angka kematian akibat Covid-19 dapat terus menurun serta wabah Covid-19 di Indonesia dapat terkendali.

"Kita terus berupaya agar ke depan tempat-tempat pemakaman ini tidak diisi lagi oleh korban Covid-19. Tentu dengan harapan dukungan dari masyarakat, mari kita terus laksanakan protokol Covid-19 dengan baik, 3M, hidup sehat, teratur, bersih, disinfektan selalu dilakukan di rumah, dibersihkan. Jangan lupa hand sanitizer, berolahraga, berjemur, kemudian makan yang bergizi, (konsumsi) herbal, dan sebagainya," ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x