Kompas TV internasional kompas dunia

Media Asing Sorot Kasus Covid-19 di Indonesia yang Tembus 1 Juta Kasus

Rabu, 27 Januari 2021 | 05:17 WIB
media-asing-sorot-kasus-covid-19-di-indonesia-yang-tembus-1-juta-kasus
Tangkap layar pemberitaan Associated Press tentang kasus Covid-19 di Indonesia yang telah melampaui 1 juta kasus. (Sumber: Associated Press)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Covid-19 di Indonesia yang tembus satu juta kasus pada Selasa (26/1/2021), tidak hanya menjadi sorotan dan keprihatinan di dalam negeri saja. Beberapa media asing pun turut menyorot isu ini.

Berita berjudul “Indonesia’s confirmed corona virus cases exceed 1 million” atau berarti “Kasus Virus Corona Terkonfirmasi di Indonesia Melebihi 1 Juta”, masuk dalam kanal Top News di kantor berita the Associated Press (AP). AP menulis bahwa jumlah ini dicapai hanya beberapa minggu sejak Indonesia memulai kampanye masif terhadap vaksinasi massal, dengan Presiden Joko Widodo yang menerima vaksin Sinovac pertama kali di Indonesia.

Sedangkan kantor berita AFP melaporkan lonjakan kasus infeksi virus corona di Indonesia dengan judul "Indonesia passes one million coronavirus cases" atau berarti Indonesia telah melampaui 1 juta kasus virus corona.

Baca Juga: Positif Corona di Indonesia Tembus Satu Juta Kasus? - SATU MEJA THE FORUM

AFP juga menyatakan bahwa dengan tingkat pengujian rendah di Indonesia, kasus infeksi diyakini jauh lebih parah dibandingkan dengan yang ditunjukkan melalui angka. Media Perancis itu juga mengabarkan bagaimana rumah sakit-rumah sakit di Indonesia kewalahan dengan kasus infeksi Covid-19. Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai 'satu negara yang paling terdampak di Asia'.

Media AFP juga mengutip pernyataan pakar epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono yang mengatakan, "Saya pikir kami telah mengalami 1 juta kasus Covid-19 sejak lama."

Riono mengibaratkan, "Kami masih mendaki sebuah gunung dan kami bahkan tidak tahu di mana puncaknya. Ini adalah pendakian yang tiada pernah berakhir."

Penulis : Tussie Ayu




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:40
GUBERNUR ANIES BASWEDAN PASTIKAN PEMPROV DKI DUKUNG KEJUARAAN BASKET ASIA 2021 DAN DUNIA 2023 DI JAKARTA   KEMENPAN RB SIAPKAN PENERIMAAN 189.000 PEGAWAI UNTUK PEMERINTAH DAERAH SE-INDONESIA 2021   KEMENTERIAN KESEHATAN: OBESITAS BERPOTENSI MENINGKAT DI MASA PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: PEMERINTAH KAJI PERPANJANGAN PPKM MIKRO YANG BERAKHIR PEKAN DEPAN   MUTASI VIRUS KORONA B117 MASUK INDONESIA, SATGAS: PELAJARAN BERHARGA UNTUK ANTISIPASI "IMPORTED CASE"   KEMENTERIAN KESEHATAN: VAKSIN COVID-19 SINOVAC MASIH EFEKTIF LAWAN VIRUS KORONA B117 ASAL INGGRIS   KEMENTERIAN ESDM TARGETKAN 2021 KAPASITAS PEMBANGKIT ENERGI BARU TERBARUKAN CAPAI 978 MEGAWATT   KEMENDIKBUD APRESIASI PERAN SWASTA DALAM MEMBANTU PENYEDIAAN MODUL PENDIDIKAN JARAK JAUH   JAKSA PENUNTUT UMUM MINTA MAJELIS HAKIM TOLAK PERMOHONAN DJOKO TJANDRA JADI "JUSTICE COLLABORATOR"   DINAS SDA DKI: PEMBEBASAN LAHAN NORMALISASI SUNGAI TAHUN INI BELUM BERJALAN KARENA DANA PINJAMAN BELUM CAIR   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DUKUNG RENCANA PEMERINTAH KAMPANYEKAN PRODUK DALAM NEGERI   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MASYARAKAT TAK HINDARI VAKSINASI COVID-19   PEMKOT TANGSEL MENGAKU TIDAK SIAPKAN PENANGANAN KHUSUS UNTUK CEGAH VIRUS KORONA B117   SATGAS MINTA MASYARAKAT TAK KHAWATIR BERLEBIHAN TERHADAP MUTASI VIRUS KORONA B117