Kompas TV nasional laporan khusus

Joe Biden - Kamala Harris Harapan Baru Amerika di Tengah Pandemi - LAPORAN KHUSUS (Bag 3)

Selasa, 26 Januari 2021 | 23:07 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Joe Biden resmi menjadi Presiden ke 46 Amerika Serikat hari Rabu (20/01/2021), dilantik bersama pasangannya Wakil Presiden Kamala Harris. Biden diambil sumpahnya ditengah Amerika Serikat yang terpecah sangat dalam, serta mewarisi segunung krisis yang jauh lebih besar dari siapapun presiden sebelumnya, demikian dilansir Associated Press, Rabu (20/01/2021).

Pelantikan Joe Biden terjadi ditengah pergolakan dan ketidakpastian, dalam sebuah upacara pelantikan yang dibayangi penyerbuan dan pendudukan gedung tempat pelantikan  dua minggu laluoleh pendukung presiden sebelumnya, Donald Trump.

Pelantikan dilakukan di tengah hari yang sangat dingin, dimana seluruh undangan memakai pakaian tebal, sarung tangan dan tutup kepala.

Presiden Joe Biden pada pidato pelantikannya membuka dengan pernyataan, "Pada saat ini, kawan-kawan, demokrasi telah menang, "kata Biden." Ini adalah hari Amerika. Ini adalah hari demokrasi. Suatu hari dalam sejarah dan harapan, pembaruan dan keputusan."

Lebih jauh Biden menyerukan persatuan dan meminta seluruh rakyat Amerika Serikat mengakhiri perpecahan mereka, "kita harus mengakhiri perang tidak beradab ini."

Biden juga berjanji dalam pidatonya dia akan jujur dan menekankan para pemimpin memiliki kewajiban "untuk membela kebenaran dan mengalahkan kebohongan."

Dia bahkan meminta mereka yang tidak memilihnya untuk memberinya kesempatan. Dia berkata, "Saya memberikan kata-kata saya. Saya akan selalu jujur kepada Anda."

Pada pelantikan itu, tiga mantan presiden bersama elit politik Amerika Serikat hadir dan memastikan upacara pelantikan yang harus dan selalu dilakukan lebih dari dua ratus tahun terakhir itu tetap terjaga.

Penulis : Yudho Priambodo

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19