Kompas TV internasional kompas dunia

Kawanan Gorila di San Diego Masih Dipantau Ketat, Seekor Gorila Tua Positif Covid-19 Mulai Pulih

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 08:51 WIB
kawanan-gorila-di-san-diego-masih-dipantau-ketat-seekor-gorila-tua-positif-covid-19-mulai-pulih
Winston, 48, adalah satu dari beberapa gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego yang dipastikan positif terkena virus Corona. (Sumber: AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Seekor gorila tua mulai pulih dari kasus serius Covid-19 setelah menjalani pengobatan di Kebun Binatang San Diego, demikian pernyataan kebun binatang tersebut, Senin, (25/01/2021) seperti dilansir AFP.

Winston, gorilla jantan berusia 48 tahun asal Afrika berpunggung perak adalah satu diantara beberapa satwa yang dinyatakan positif tertular Covid-19 pada 11 Januari di Kebun Binatang Taman Safari San Diego Zoo. Test Covid-19 satwa-satwa tersebut dengan cara menguji sampel kotoran mereka. 

Baca Juga: 8 Gorila Positif Covid-19, Dengan Gejala Batuk

Winston adalah kasus pertama penularan alami virus tersebut kepada satwa kera besar, dan diduga tertular karena kontak dengan staf kebun binatang yang tertular namun tidak bergejala, terlepas dari penggunaan alat dan pakaian pelindung. 

Saat ini Winston masih dalam pengawasan medis ketat menyusul diagnosis, sementara beberapa gorila kawanannya menunjukkan gejala ringan dan sedang seperti batuk-batuk, hidung mampet, ingusan, dan lemah lesu.

Sejauh ini ada 8 gorilla di San Diego Safari Park yang positif tertular Covid-19 dan seluruhnya dalam pengawasan ketat tim dokter hewan disana. 

Baca Juga: Gorila di Kebun Binatang San Diego Positif Covid-19

Winston adalah jenis gorila yang saat ini statusnya kritis diambang kepunahan, tiba di Taman Safari San Diego tahun 1984 dan akan berulang tahun ke 49 pada 20 Februari nanti. 

Kebun Binatang dan Taman Safari San Diego saat ini ditutup untuk umum, namun karyawan tetap datang untuk merawat 6.500 spesies hewan di kedua fasilitas tersebut. Karyawan dan staf kebun bintang secara rutin diperiksa suhu tubuhnya dan diminta untuk mengisi kuesioner tentang kemungkinan paparan Covid-19.

Direktur Eksekutif Taman Safari San Diego Lisa Peterson mengatakan taman safari berencana untuk menjadi lebih ketat dengan protokolnya. Staf yang memasuki kandang gorila akan mengenakan terusan sekali pakai di atas pakaian kerja mereka. Penjaga yang sebelumnya hanya diwajibkan memakai masker, kini juga harus memakai pelindung mata.

Baca Juga: Viral, Gorila Wefie Bareng Petugas Taman Nasional

San Diego Global juga sudah mendapat vaksin Covid-19 dan saat ini dalam proses mengindentifikasi kandidat satwa di taman safari itu, yang cocok untuk disuntikkan vaksin.

Pernyataan San Diego Global tersebut tidak memberi informasi vaksin apa dan yang mana, namun menyatakan vaksin yang mereka terima adalah dari jenis versi sintetik dari protein permukaan virus dan memang dibuat khusus untuk satwa. 

Dokter hewan secara rutin menyuntik vaksin satwa-satwa agar dapat melawan banyak penyakit, baik yang berada di kandang maupun yang berada di alam bebas. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x