Kompas TV regional berita daerah

Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul Sungai

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 15:00 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Puluhan warga Desa Pekauman, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes bersama relawan kebencanaan setempat, melakukan perbaikan tanggul sungai Cisanggarung, sabtu siang. Perbaikan tanggul ini menyusul kondisinya sangat rawan jebol, setelah terkikis derasnya arus sungai beberapa pekan terakhir.

Lebar ketebalan tanggul di sejumlah titik hanya menyisakan satu meter, dari ketebalan semula empat meter. Perbaikan tanggul darurat ini menggunakan alat seadanya, dengan cara menambal menggunakan karung yang telah diisi dengan tanah.

Kepala Desa setempat, Warno berharap dinas terkait yakni balai besar wilayah sungai, BBWS, Cimanuk-Cisanggarung segera melakukan penanganan secara permanen. Warga telah trauma dengan bencana banjir besar yang sempat terjadi pada tahun 2018, selain disebabkan tanggul jebol banjir juga sering terjadi karena air meluap.

Tanggul sungai Cisanggarung yang berada di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini, telah berusia lebih dari tiga puluh enam tahun. Masyarakat diimbau agar tanggap dan waspada terhadap wilayahnya masing masing, untuk segera melaporkan terhadap dinas terkait sehingga petugas bisa mengambil tindakan langkah antisipasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x