Kompas TV nasional peristiwa

Sorotan: Bareskrim Polri Selidiki Pemicu Banjir Besar Kalimantan Selatan

Kompas.tv - 23 Januari 2021, 20:50 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Bareskrim Polri turun tangan menyelidiki atas dugaan pidana kerusakan lingkungan di banjir Kalimantan Selatan. Berdasarkan data, 300.000 lebih warga Kalsel terdampak akibat banjir besar ini.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK menilai banjir Kalimantan Selatan karena cuaca buruk yang terus terjadi.

Dari data KLHK, luas hutan seluruh Pulau Kalimantan pada 2014 lalu tercatat sebesar 28.160 hektar, lalu berkurang menjadi 26.563 hektar di tahun 2018.

Sementara di Kalimantan Selatan, luas hutan pada 2014 tercatat sebesar 940.3 hektar dan menjadi 840.9 hektar di 2018.

Selain menipisnya tutupan hutan dan intensitas hujan yang tidak tertampung daerah aliran sungai, KLHK juga mengungkap adanya luas areal bekas tambang terlantar di Kalimantan Selatan.

Lebih dari ratusan ribu warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan dan disebut pemerhati lingkungan sebagai salah satu bencana terbesar dalam 50 tahun terakhir.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x