Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Copot Direktur Radio Free Europe dan Radio Free Asia, Usai Pecat Direktur Voice of America

Kompas.tv - 23 Januari 2021, 14:24 WIB
joe-biden-copot-direktur-radio-free-europe-dan-radio-free-asia-usai-pecat-direktur-voice-of-america
Kepala tiga lembaga penyiaran di Amerika Serikat dicopot dari jabatannya hari Jum’at (22/01/2021) seiring pembersihan yang dilakukan pemerintahan Joe Biden di lembaga induk, Badan Media Global Amerika Serikat, USAGM, atas orang-orang yang ditunjuk secara politik oleh pemerintahan sebelumnya. (Sumber: Michal Kamaryt/CTK via AP, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Pemecatan di jajaran pemimpin lembaga penyiaran internasional pemerintah Amerika Serikat berlanjut.

Kepala tiga lembaga penyiaran di Amerika Serikat dicopot dari jabatannya hari Jum’at (22/01/2021) seiring pembersihan yang dilakukan pemerintahan Joe Biden di lembaga induk, Badan Media Global Amerika Serikat, USAGM, atas orang-orang yang ditunjuk secara politik oleh pemerintahan sebelumnya.

Seperti dilansir Associated Press, pelaksana tugas Kepala USAGM mencopot direktur Radio Free Europe/Radio Liberty dan Radio Free Asia serta Middle East Broadcasting Networks hanya satu bulan setelah mereka ditunjuk menduduki jabatan mereka.

Informasi tersebut didapat Associated Press dari dua pejabat internal yang tidak bersedia disebut namanya, karena tidak memiliki otoritas untuk berbicara kepada media, namun mengetahui keputusan tersebut.

Baca Juga: Joe Biden Pecat Direktur Voice of America dan Wakilnya Yang Bebastugaskan Koresponden VOA Indonesia

Pencopotan ini terjadi hanya satu hari setelah pencopotan direktur Voice of America dan wakilnya, serta pengunduran diri kepala Kantor Penyiaran Kuba milik AS.

Rangkaian pemecatan ini terjadi menyusul pengunduran diri dengan paksa Michael Pack, mantan kepala USAGM yang ditunjuk Donald Trump, hanya dua jam setelah Joe Biden dilantik hari Rabu kemarin.

Michael Pack banyak dituduh kubu partai Demokrat dan pihak lain karena dianggap mencoba mengubah Voice of America dan jajaran penyiaran milik AS lain menjadi corong propaganda yang mendukung Trump dan pandangannya.

Sebelumnya di bulan Desember, Michael Pack adalah orang yang menunjuk semua orang yang sekarang dicopot, dan kini harus mencari pekerjaan baru tersebut.

Baca Juga: Joe Biden Dilantik jadi Presiden AS, tapi Bernie Sanders yang jadi "Juaranya"

Dua pejabat internal yang memberikan informasi kepada Associated Press itu mengatakan, pelaksana tugas CEO USAGM, Kelu Chao, hari Jum’at (22/01/2021) memecat Victoria Coates, kepala Jaringan Penyiaran Timur Tengah/Middle East Broadcasting Network, Stephen Yates, Kepala Radio Free Asia, dan Ted Lipien, Kepala Radio Free Europe.

Belum jelas apakah mereka yang dipecat itu akan naik banding atas pemecatan mereka.

Kelu Chao yang ditunjuk Gedung Putih tidak lama setelah menuntut pengunduran diri Pack. Chao adalah veteran wartawan VOA yang memiliki pengalaman 3 dekade di dunia jurnalistik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x