Kompas TV internasional kompas dunia

Profil Lloyd J. Austin, Menteri Pertahanan Kulit Hitam Pertama di AS

Kompas.tv - 23 Januari 2021, 13:01 WIB
profil-lloyd-j-austin-menteri-pertahanan-kulit-hitam-pertama-di-as
Lloyd Austin, Menteri Pertahanan kulit hitam pertama di AS. (Sumber: Getty Images via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV – Lloyd J. Austin III resmi dikukuhkan sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS), kemarin Jumat (22/1/2021).

Pengukuhan tersebut sekaligus mencetak sejarah baru dimana Lloyd J. Austin menjadi Menhan kulit hitam pertama di AS dan menduduki jabatan yang krusial di bawah kabinet Presiden Joe Biden.

Austin menang telak dengan mendapatkan suara sebanyak 93 dari anggota Senat AS, sementara dua suara menolaknya.

Diketahui, dua senator AS yang menolak Austin adalah politisi dari Partai Republik, yakni Senator Josh Hawley dari Missouri dan Mike Lee dari Utah.

Pendidikan

Pria asal Thomasville, Georgia, ini merupakan lulusan dari United States Military Academy (West Point) dan mendapat gelar Bachelor of Science pada tahun 1975 serta menjadi komandan kompi G1.

Austin melanjutkan pendidikannya di Auburn University’s College of Education dengan mengambil pendidikan konselor. Ia berhasi mendapatkan gelar Master of Arts pada tahun 1986. Ia juga mendapatkan gelar Master of Business Administration dari Webster University.

Selain itu, Austin merupakan lulusan dari kursus Dasar dan Lanjutan Perwira Infanteri, Sekolah Staf Umum dan Komando Angkatan Darat, dan Sekolah Tinggi Perang Angkatan Darat.

Baca Juga: Lloyd Austin, Pria Kulit Hitam Pertama yang Menjabat Jadi Menhan AS




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x