Kompas TV video cerita indonesia

Lloyd Austin, Pria Kulit Hitam Pertama yang Menjabat Jadi Menhan AS

Kompas.tv - 23 Januari 2021, 12:32 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – J Austin III atau Lloyd Austin resmi menjadi Menteri Pertahanan AS pada Jumat (22/1)

Lloyd Austin menjadi pria kulit hitam pertama yang menduduki jabatan sebagai Menhan AS dan berkantor di Gedung Pentagon.

Austin dikukuhkan oleh Senat AS, setelah mendapat suara telak dengan 93 anggota Senat AS memilihnya dan 2 Suara menolak.

Dilansir dari Kompas.com, Austin juga mencatatkan diri sebagai orang Afrika-Amerika pertama yang menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat dan sebagai Komandan Komando Pusat AS.

Austin juga diberikan pelolosan dan pengabaian dari undang-undang yang mewajibkan Menhan AS menunggu tujuh tahun setelah pensiun sebelum menerima jabatan itu.

Diketahui Austin pensiun dari dinas militernya di Angkatan Darat pada 2016 setelah 41 tahun mengabdi sehingga ia belum genap tujuh tahun setelah pensiun untuk menjabat Menhan AS.

DPR AS lantas meloloskan Austin dari UU tersebut pada Kamis (21/1) dan diikuti oleh persetujuan dari Senat AS.

Anggota DPR AS dari dapil Maryland, Anthony Brown, mengatakan, pengesahan Austin sebagai Menhan AS menjadi sejarah baru bagi “Negeri Paman Sam”.

“Dia (Austin) seorang komandan militer berpengalaman, pemimpin yang dihormati, dan sebagai orang kulit hitam yang tumbuh di tengah pemisahan untuk mendorong kemajuan sebagai Menhan kita berikutnya," ujar Brown.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x