Kompas TV feature ngopi

Butuh Kepedulian Masyarakat Untuk Pencegahan Covid-19 - NGOPI (Bag 2)

Sabtu, 23 Januari 2021 | 02:47 WIB

JAKARTA,KOMPAS.TV - Pemerintah melarang WNA masuk sejak tanggal 1 Januari 2021, namun peraturan tersebut menuai pro dan kontra karena pada tanggal sebelumnya WNI justru dibebaskan untuk mondar-mandir berlibur atau pulang kampung.

Banyaknya masyarakat yang berpergian pada akhir tahun baru membuat lonjakan kasus positif Covid-19. Lalu sebenernya bagaimana kepedulian masyrakat sendiri untuk pencegahan penyebaran Covid-19?

Bukankah masyrakat juga seharusnya sadar diri dan tidak hanya berharap dari pemerintah?

Bagaimana dengan para influencer yang mempromosikan berwisata di masa pandemi?

Manfaat vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya mencegah penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh Anda pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi. \

Vaksin mengandung virus atau bakteri, baik yang masih hidup maupun yang sudah dilemahkan. Vaksinasi dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol). 

Manfaat Vaksin Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin yang penting bagi tubuh:

Mencegah penyebaran penyakit

Tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

Contohnya, kasus kematian pada bayi dan anak-anak akibat wabah penyakit campak dan pertusis (batuk rejan) yang dahulu pernah menggemparkan dunia. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ditemukan vaksin untuk kedua penyakit tersebut.

Penulis : Yudho Priambodo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:40
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK AKAN HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN PADA HARI INI   JAKSA SEBUT NURHADI & REZKY TERBUKTI TERIMA SUAP RP 45,7 MILIAR DARI DIREKTUR UTAMA PT MULTICON INDRAJAYA TERMINAL   MENANTU NURHADI, REZKY HERBIYONO, DITUNTUT 11 TAHUN PENJARA DITAMBAH DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN   EKS SEKRETARIS MA NURHADI DITUNTUT 12 TAHUN PENJARA DITAMBAH DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN   TIM DVI RS POLRI: SEBANYAK 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   FRAKSI PAN DPRD DKI DUKUNG KEBIJAKAN PEMPROV DKI YANG INGIN MENJUAL SAHAM PERUSAHAAN BIR DI PT DELTA DJAKARTA   PENELITI FORMAPPI LUCIUS KARUS MEMINTA USUL HAK INTERPELASI SOAL BANJIR DI JAKARTA JANGAN DIANGGAP SEBAGAI LELUCON   PENELITI FORMAPPI LUCIUS KARUS: TAK ADA PERUBAHAN SERIUS SOAL KEBIJAKAN PEMPROV DKI DALAM MENANGANI BANJIR   FRAKSI PSI KEMBALI AJUKAN HAK INTERPELASI KEPADA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SOAL PENANGANAN BANJIR DI JAKARTA    PEMPROV DKI SIAPKAN STRATEGI PENANGGULANGAN MUTASI COVID-19 DARI INGGRIS ATAU B.1.1.7 YANG SUDAH MASUK KE INDONESIA    WAMENKES: DUA KASUS COVID-19 MUTASI B.1.1.7 DITEMUKAN SETELAH PENGECEKAN PADA 462 KASUS DALAM BEBERAPA BULAN TERAKHIR   SATU TAHUN PANDEMI, MUTASI COVID-19 ASAL INGGRIS ATAU B.1.1.7 MASUK KE INDONESIA   TNI AD LAKUKAN VAKSINASI SERENTAK COVID-19 DI LINGKUNGAN MARKAS BESAR ANGKATAN DARAT   PLT WALI KOTA JAKARTA SELATAN ISNAWA ADJI: ADA 10 TITIK DI JAKARTA SELATAN UNTUK KEGIATAN VAKSINASI COVID-19