Kompas TV internasional kompas dunia

Hubungan Indonesia-AS Pasca Pelantikan Joe Biden

Jumat, 22 Januari 2021 | 22:24 WIB

KOMPAS.TV - Hadirnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat diprediksi memberi warna lain dalam politik luar negeri Amerika Serikat.

Sejumlah urusan khas Partai Demokrat, seperti HAM dan demokrasi, bakal mewarnai hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat.

Sementara sejumlah urusan ekonomi yang pernah dibuat di masa Donald Trump dan belum direalisasikan masih harus menunggu kesepakatan selanjutnya.

Ada pula bingkai perang dagang dengan China, membuat Indonesia didekati secara intensif oleh pemerintahan Donald Trump, yang mana agar Indonesia tidak mendekat ke China.

Tapi kini, pola politik luar negeri yang berbeda membuat Indonesia harus membaca lagi apa yang jadi kepentingan AS di bawah pemerintahan Joe Biden.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.

Penulis : Christandi Dimas


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:46
PEMPROV RIAU SEDIAKAN 12 ALAT BERAT GRATIS UNTUK MEMBUKA LAHAN PERKEBUNAN TANPA MEMBAKAR   KEJARI PEMATANG SIANTAR, SUMUT, HENTIKAN KASUS 4 PETUGAS PRIA YANG MANDIKAN JENAZAH WANITA   GUBERNUR SUMSEL AKAN LANTIK 6 BUPATI TERPILIH SECARA TATAP MUKA AGAR TIDAK TERJADI GANGGUAN SINYAL   STATUS TANGGAP DARURAT BENCANA BANJIR DAN LONGSOR DI HULU SUNGAI TENGAH, KALSEL, DIPERPANJANG   RIBUAN WARGA DI DUA KAMPUNG DI DESA BATULAWANG, CIANJUR, TERISOLASI AKIBAT JALAN TERPUTUS KARENA TANAH BERGERAK   HADAPI CUACA EKSTREM, PEMKOT BOGOR MINTA JAJARAN TERKAIT PETAKAN POTENSI WILAYAH RAWAN DAN MITIGASI RISIKO BENCANA   TNI AU DAN BPPT KEMBALI MEMODIFIKASI CUACA DI WILAYAH JABODETABEK UNTUK KURANGI INTENSITAS HUJAN   IMIGRASI JAKARTA PUSAT TANGKAP 3 WNA YANG MELANGGAR IZIN TINGGAL DI KEMAYORAN   BANDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA AKAN GUNAKAN GENOSE C19 MULAI 1 APRIL 2021   PEMKOT BOGOR, JAWA BARAT, MENDAPAT 69.570 VAKSIN SINOVAC UNTUK VAKSINASI TAHAP KEDUA PADA AWAL MARET 2021   DINKES KOTA TANGERANG SELATAN BELUM DAPAT MEMASTIKAN WAKTU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA   PEMERINTAH MENYEDIAKAN 12.000 VAKSIN COVID-19 UNTUK ATLET, PELATIH, DAN OFISIAL PENDUKUNG CABANG OLAHRAGA   MENPORA SEBUT ATLET YANG AKAN TAMPIL DI PON PAPUA 2021 JADI PRIORITAS UNTUK DIVAKSIN   MENPORA ZAINUDIN AMALI: 800 ATLET, PELATIH, DAN TENAGA PENDUKUNG DARI BERBAGAI CABOR AKAN DIVAKSIN PEKAN INI