Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Pecat Direktur VOA Yang Membebastugaskan Jurnalis Asal Indonesia Patsy Widakuswara

Jumat, 22 Januari 2021 | 19:58 WIB

JAKARATA, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat Joe Biden memecat direktur VOA Robert Reilly dari jabatannya sebagai direktur VOA. 

Robert Reilly adalah Direktur VOA yang membebastugaskan jurnalis VOA Indonesia, Patsy Widakuswara pasca melontarkan pertanyaan kritis kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo.

Ketika itu, Patsy Widakuswara bertanya apakah Pompeo menyesal mengatakan akan ada pemerintahan Trump kedua setelah kemenangan Biden terlihat jelas.

Dua pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, Reilly dan Robbins dikawal keluar dari markas VOA oleh penjaga keamanan.

Para pejabat tersebut berbicara kepada Associated Press dengan syarat anonim.

Baca Juga: Patsy Widakuswara, Koresponden VOA Indonesia yang Dibebastugaskan Usai Bertanya Soal Trump

Pemecatan ini dilakukan Biden tak lama setelah dirinya menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Kabar ini diumumkan langsung melalui rilis resmi dari US. Agency For Global Media pada 21 Januari 2021.

“CEO US Agency for Global Media, Michaeol Pack mengundurkan diri setelah mengetahui dirinya akan dipecat oleh Presiden Amerika yang baru, Joe Biden. Biden menugaskan jurnalis USAGM Kelu Chao sebagai Plt CEO, serta menugaskan Brian Conniff, mantan Presiden Middle East Broadcasing Network, sebagai Plt Direktur. Robert Reilly juga telah dipecat dari jabatannya sebagai direktur VOA”, seperti yang ditulis dalam rilis tersebut.

Sementara itu, Presiden Joe Biden diharapkan untuk menempatkan CEO tetap dalam waktu dekat.

Penulis : Abdur Rahim




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:00
MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: KEMISKINAN DI TANAH AIR HARUS SEGERA DITANGANI UNTUK ATASI MASALAH "STUNTING"   KEMENTERIAN PPPA SEBUT PENURUNAN ANGKA "STUNTING" MENCEGAH TERJADINYA PERKAWINAN ANAK   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA PEMPROV JAWA TIMUR SEGERA PENUHI FASILITAS YANG DIBUTUHKAN DI KAWASAN INDUSTRI HALAL   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP PEMPROV JAWA TIMUR AKTIF MEMPROMOSIKAN KAWASAN INDUSTRI HALAL DI SIDOARJO   INDONESIA DAN SINGAPURA MEMBANGUN KAWASAN EKONOMI DIGITAL DAN TEKNOLOGI DI BATAM   KPK SELIDIKI KASUS DUGAAN SUAP TERKAIT PAJAK DI DJP KEMENKEU YANG DIDUGA CAPAI PULUHAN MILIAR RUPIAH   KEJAGUNG PERIKSA TIGA SAKSI ATAS KASUS DUGAAN KORUPSI PENGELOLAAN KEUANGAN & DANA INVESTASI DI BPJS KETENAGAKERJAAN   KPK SEBUT PENGGANTI POSISI DEWAN PENGAWAS YANG DITINGGALKAN ARTIDJO ALKOSTAR AKAN DITENTUKAN PRESIDEN JOKOWI   KEJAKSAAN AGUNG PERIKSA TUJUH ORANG SAKSI TERKAIT PERKARA DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI   HARI INI, MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 BAGI ULAMA, PIMPINAN, DAN PENGURUS MUI   SATGAS: SAAT INI SEJUMLAH DAERAH DI PULAU JAWA DAN BALI SEDANG MELAKUKAN PROSES INTEGRASI DATA COVID-19   SATGAS COVID-19 AKAN EVALUASI DAN PANTAU PENJAGAAN DI PINTU MASUK INDONESIA, MENYUSUL MUTASI VIRUS KORONA B.1.1.7   HINGGA 3 MARET 2021, PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 4.621 ORANG   DINKES DKI SEBUT HINGGA SAAT INI, 63 PERSEN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TELAH TERISI