Kompas TV nasional politik

4 Jenderal Ini Diprediksi Jabat Kabareskrim Gantikan Komjen Listyo

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 16:12 WIB
4-jenderal-ini-diprediksi-jabat-kabareskrim-gantikan-komjen-listyo
Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada saat memberi sambutan (Sumber: Serambinews.com) 
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rapat Paripurna DPR telah mengesahkan keputusan Komisi III DPR yang menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jendral Pol Idham Azis.

Komjen Listyo anantinya bakal meningkalkan jabatan Kabareskrim Polri. Belakangan sejumlah nama perwira tinggi Polri yang akan menduduki kursi Kabareskrim mulai bermunculan.

Indonesia Police Watch memprediksi akan ada mutasi di tubuh Polri setelah pelantikan Komjen Listyo sebagai kapolri. Khususnya di posisi jabatan jendaral bintang tiga.

Baca Juga: Listyo Sigit jadi Kapolri, Siapa Penggantinya di Kabareskrim?

Ketua IPW Neta S Pane menilai untuk Kabareskrim ada empat nama yakni Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Afinta (Kapolda Jatim), Irjen Ahmad Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Hadiningrat (Wakabareskrim).

Kemudian jabatan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) yang ditinggalkan Komjen Didid Widjanardi setelah pensiun pada 14 Januari 2021.

Neta memprediksi perwira tinggi Polri yang akan menduduki jabatan Sestama Lemhanas adalah Wakalemdikpol Irjen Luki Hermawan. Namun, katanya, masih ada kemungkinan Luki dipindah ke posisi lain.

“Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode,” ujarnya.

Baca Juga: Mahfud MD Sorot Janji Komjen Listyo Terkait Narkoba di Kalangan Polri

Profil 4 Jenderal

Irjen Wahyu Widada adalah ketua tim naskah makalah berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan' yang dibacakan Komjen Listyo dalam rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR.

Wahyu Widada merupakan lulusan Akpol tahun 1991 dan penerima bintang Adhi Makayasa.

Irjen Nico Afinta ikut mendampingi Komjen Listyo saat memaparkan makalah di Komisi III DPR. Nico merupakan lulusan Akpol tahun 1992, saat ini ia menjabat Kapolda Jawa Timur.

Irjen Ahmad Dofiri adalah senior dari Komjen Listyo. Irjen Ahmad Dofiri merupakan lulusan Akpol 1989 dan penerima bintang Adhi Makayasa.

Baca Juga: Ada PR untuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri Baru

Irjen Ahmad Dofiri ditunjuk sebagai Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi saat kasus kerumunan yang menyeret Rizieq Shihab di Megamendung Bogor mencuat.

Irjen Wahyu Hadiningrat adalah wakil Komjen Listyo di Bareskrim Polri. Ia mendapat kenaikan pangkat dua bintang setalah ditunjuk sebagai Wakabareskrim.

Alumni Akpol 1992 ini sebelumnya Wahyu menjabat Wakapolda Metro Jaya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x