Kompas TV internasional kompas dunia

Oh, Ternyata Begini Caranya Dinosaurus Berhubungan Seks...

Rabu, 20 Januari 2021 | 20:49 WIB
oh-ternyata-begini-caranya-dinosaurus-berhubungan-seks
Ilustrasi dinosaurus mengerami telur. (Sumber: Akademi Ilmu Pengetahuan China)

BRISTOL, KOMPAS.TV - Meski dinosaurus hidup 10 juta hingga 100 juta tahun lalu, manusia sekarang memahami banyak hal tentang makhluk purba itu. Itu semua berkat penemuan banyak tulang dinosaurus yang dapat diteliti. Peneliti pun dapat menebak secara intelektual tentang kehidupan dinosaurus.

Namun, jaringan lunak seperti daging, kulit dan otot tak bisa bertahan lama seperti tulang. Karena itu, peneliti sulit memahami perilaku yang lebih kompleks seperti cara reproduksi dinosaurus.

Meski begitu baru-baru ini ada penemuan baru fosil dinosaurus di Cina yang dapat membantu dan memberi petunjuk bagi peneliti memahami bagaimana makhluk itu bereproduksi dan membuang kotoran.

Dalam sebuah makalah dalam Jurnal Current Biology sebuah tim peneliti menemukan fosil dinosaurus yang masih memiliki kulit. Daging itu dapat memberikan banyak detail tentang bentuk dan cara kerja bagian belakang dinosaurus.

Tim peneliti dapat mengidentifikasi lubang di tubuh fosil itu yang kemungkinan berguna untuk berhubungan seks dan membuang kotoran. Lubang itu dikenal sebagai cloaca. Cloaca umum ditemukan pada burung, relatif dinosaurus yang masih hidup.

“Aku menyadari Cloaca ini beberapa tahun yang lalu setelah kami mengkonstruksi ulang pola warna dinosaurus ini menggunakan sebuah fosil menakjubkan yang dipajang di Museum Senckenberg Jerman,” tulis Dr. Jakob Vinther, ketua tim peneliti.

Dinosaurus yang diteliti adalah spesies Psittacosaurus. Nampaknya, binatangitu memiliki lubang tunggal sebagai alat reproduksi dan defekasi.

Penulis : Ahmad Zuhad




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:16
INDONESIA BERSAMA SINGAPURA BANGUN KAWASAN EKONOMI DIGITAL DAN TEKNOLOGI DI BATAM   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA KELUARGA MISKIN DENGAN IBU HAMIL DAN ANAK “STUNTING” MASUK DAFTAR PENERIMA PKH   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT PENANGANAN KEMISKINAN KUNCI MENURUNKAN KASUS "STUNTING"   MENKO PMK RESMIKAN PUSAT PENANGGULANGAN GIZI TERPADU DI KABUPATEN BANTAENG, SULAWESI SELATAN   TEKAN HARGA CABAI RAWIT MERAH, KEPALA SUDIN KPKP IWAN INDRIYANTO TELAH BERKOORDINASI DENGAN KEMENTAN   SUDIN KPKP: HARGA RATA-RATA CABAI RAWIT MERAH DI PASAR TRADISIONAL DI JAKARTA BARAT MELONJAK HINGGA DUA KALI LIPAT   KEMENAG TINDAK LANJUTI RENCANA PENINGKATAN STATUS PERATURAN BERSAMA SOAL KERUKUNAN UMAT BERAGAMA JADI PERPRES   MULAI HARI INI, VAKSINASI COVID-19 “DRIVE THRU” BAGI LANSIA RESMI BEROPERASI DI JIEXPO KEMAYORAN   EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY DICKY BUDIMAN MENYATAKAN VARIAN BARU COVID-19 B.1.1.7 LEBIH CEPAT MENULAR   SATGAS COVID-19 TERAPKAN ISOLASI BERLAPIS PADA DUA KASUS POSITIF COVID-19 B.1.1.7 UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PENULARAN   GENCARKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN, KETUA DPR MENINJAU SEJUMLAH DESTINASI WISATA DI BANYUWANGI, JATIM   MULAI APRIL 2021, PETUGAS PELAYANAN PUBLIK DI JAKARTA BARAT AKAN MENERIMA VAKSIN COVID-19   MENKES: VAKSINASI COVID-19 DI INDONESIA HARUS MENCAPAI 70 PERSEN ATAU SASARAN TARGET SEBANYAK 181 JUTA ORANG   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: SEBANYAK 20 PERSEN PENDUDUK BISA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA JUNI 2021