Kompas TV nasional peristiwa

Ini Terapi Hiperbarik untuk Pulihkan Dekompresi Penyelam

Senin, 18 Januari 2021 | 22:28 WIB

KOMPAS.TV - Terhitung kurang lebih 10 hari sudah para penyelam TNI Angkatan Laut melakukan pencarian jenazah, puing pesawat, hingga kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Menyelam di kedalaman 20 sampai 25 meter selama sekitar satu jam dalam sehari bukan tanpa risiko.

Baca Juga: Longsor Batu Besar Tutup Jalur Distribusi Bantuan Gempa Majene Sulbar

Sejumlah antisipasi disiapkan untuk mengurangi risiko penyelaman, yakni dekompresi atau mengurangi tekanan udara di dalam tubuh, termasuk menyediakan ambulans chamber hiperbarik.

Bagaimana cara kerjanya? Apa manfaatnya alat tersebut bagi para penyelam? Berikut infonya untuk kamu.

Baca Juga: Jembatan Banua Anyar Terbelah Arus Banjir, Akses Banjarmasin dan 6 Kabupaten Putus

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.

Penulis : Christandi Dimas


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:33
ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID   BACA HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS PEMULIHAN EKONOMI, 22 FEBRUARI 2021. PESAN: KLIK.KOMPAS.ID   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: 6.664 PERUSAHAAN TELAH MENDAFTAR VAKSINASI MANDIRI, BUTUH 7,5 JUTA DOSIS VAKSIN   DINKES SEBUT PEDAGANG PASAR HINGGA SOPIR BUS JADI SASARAN VAKSIN COVID-19 DI BANYUMAS, JATENG    ANGGOTA DPRD DKI GILBERT SIMANJUNTAK MINTA PEMPROV PRIORITASKAN VAKSINASI COVID-19 BAGI WARGA KORBAN BANJIR   PN JAKPUS KEMBALI TERAPKAN KERJA DARI RUMAH KARENA HAKIM HINGGA PANITERA POSITIF COVID-19   GUNUNG SINABUNG LUNCURKAN AWAN PANAS GUGURAN & ERUPSI DENGAN JARAK LUNCUR 2.000 METER HARI INI   SATPOL PP DKI AKAN TUTUP PERMANEN KAFE YANG JADI LOKASI PENEMBAKAN DI CENGKARENG   KAPOLDA METRO JAYA PASTIKAN BRIPKA CS DIPECAT KARENA TERLIBAT PENEMBAKAN ANGGOTA TNI DAN WARGA   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN FADIL IMRAN JANJI BANTU PROSES PEMAKAMAN KORBAN PENEMBAKAN BRIPKA CS DI CENGKARENG   POLDA METRO & KODAM JAYA GELAR PATROLI BERSAMA PASCA-PENEMBAKAN DI SEBUAH KAFE DI CENGKARENG, JAKBAR   PROPAM POLRI AKAN CEK KEMBALI PROSEDUR PEMEGANG SENJATA API TERHADAP JAJARANNYA DI SEMUA WILAYAH   KSPI SAYANGKAN SIKAP PEMERINTAH TERBITKAN PP SAAT UU CIPTA KERJA MASIH DIUJI DI MAHKAMAH KONSTITUSI   SUDIN PAREKRAF: SEBANYAK 9 “HOMESTAY” DI KEPULAUAN SERIBU DIJADIKAN TEMPAT ISOLASI PASIEN COVID-19