Kompas TV nasional sapa indonesia

Catatan Kritis Untuk Kapolri Baru, Ini Selengkapnya

Senin, 18 Januari 2021 | 22:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uji kepatutan dan kelayakan bagi calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, akan dilakukan Komisi III DPR pada Rabu lusa.

Sebelum uji kepatutan dan kelayakan, Komisi III menggelar dengar pendapat umum dengan Komisi Kepolisian Nasional, Kompolnas, yang dilakukan secara tertutup.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto mengatakan, Komisi III ingin mengetahui proses pengajuan nama-nama calon Kapolri ke presiden.

Kompolnas juga memberikan masukan soal rekam jejak calon Kapolri tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo,yang akan digunakan Komisi III saat uji kepatutan dan kelayakan.

Sementara itu, mantan Kapolri yang sekarang menjabat Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian  menilai, meskipun masih berusia muda, Komjen Listyo Sigit Prabowo sudah matang dengan pengalaman, saat memimpin di sejumlah wilayah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

Listyo diajukan presiden untuk menggantikan Kapolri saat ini Jenderal Idham Azis, yang akan memasuki masa pensiun pada Februari 2021.

Surat presiden tentang pengajuan calon tunggal Kapolri ini, sudah diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno ke DPR, 13 Januari lalu.

Ketua DPR Puan Maharani, mengatakan, DPR akan memproses pengajuan nama calon Kapolri, Listyo Sigit, selama dua puluh hari ke depan, termasuk menjalankan uji kelayakan dan kepatutan.

Sementara, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno berharap, proses di DPR bisa lebih cepat dari 20 hari.
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:36
ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID   BACA HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS PEMULIHAN EKONOMI, 22 FEBRUARI 2021. PESAN: KLIK.KOMPAS.ID   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: 6.664 PERUSAHAAN TELAH MENDAFTAR VAKSINASI MANDIRI, BUTUH 7,5 JUTA DOSIS VAKSIN   DINKES SEBUT PEDAGANG PASAR HINGGA SOPIR BUS JADI SASARAN VAKSIN COVID-19 DI BANYUMAS, JATENG    ANGGOTA DPRD DKI GILBERT SIMANJUNTAK MINTA PEMPROV PRIORITASKAN VAKSINASI COVID-19 BAGI WARGA KORBAN BANJIR   PN JAKPUS KEMBALI TERAPKAN KERJA DARI RUMAH KARENA HAKIM HINGGA PANITERA POSITIF COVID-19   GUNUNG SINABUNG LUNCURKAN AWAN PANAS GUGURAN & ERUPSI DENGAN JARAK LUNCUR 2.000 METER HARI INI   SATPOL PP DKI AKAN TUTUP PERMANEN KAFE YANG JADI LOKASI PENEMBAKAN DI CENGKARENG   KAPOLDA METRO JAYA PASTIKAN BRIPKA CS DIPECAT KARENA TERLIBAT PENEMBAKAN ANGGOTA TNI DAN WARGA   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN FADIL IMRAN JANJI BANTU PROSES PEMAKAMAN KORBAN PENEMBAKAN BRIPKA CS DI CENGKARENG   POLDA METRO & KODAM JAYA GELAR PATROLI BERSAMA PASCA-PENEMBAKAN DI SEBUAH KAFE DI CENGKARENG, JAKBAR   PROPAM POLRI AKAN CEK KEMBALI PROSEDUR PEMEGANG SENJATA API TERHADAP JAJARANNYA DI SEMUA WILAYAH   KSPI SAYANGKAN SIKAP PEMERINTAH TERBITKAN PP SAAT UU CIPTA KERJA MASIH DIUJI DI MAHKAMAH KONSTITUSI   SUDIN PAREKRAF: SEBANYAK 9 “HOMESTAY” DI KEPULAUAN SERIBU DIJADIKAN TEMPAT ISOLASI PASIEN COVID-19