Kompas TV nasional sapa indonesia

Bahas Calon Tunggal Kapolri, PKS: Kapolri Baru Harus Bisa Merangkul Senior

Senin, 18 Januari 2021 | 22:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uji kepatutan dan kelayakan bagi calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, akan dilakukan Komisi III DPR pada Rabu lusa.

Sebelum uji kepatutan dan kelayakan, Komisi III menggelar dengar pendapat umum dengan Komisi Kepolisian Nasional, Kompolnas, yang dilakukan secara tertutup.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto mengatakan, Komisi III ingin mengetahui proses pengajuan nama-nama calon Kapolri ke presiden.

Kompolnas juga memberikan masukan soal rekam jejak calon Kapolri tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo,yang akan digunakan Komisi III saat uji kepatutan dan kelayakan.

Sementara itu, mantan Kapolri yang sekarang menjabat Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian  menilai, meskipun masih berusia muda, Komjen Listyo Sigit Prabowo sudah matang dengan pengalaman, saat memimpin di sejumlah wilayah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

Listyo diajukan presiden untuk menggantikan Kapolri saat ini Jenderal Idham Azis, yang akan memasuki masa pensiun pada Februari 2021.

Surat presiden tentang pengajuan calon tunggal Kapolri ini, sudah diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno ke DPR, 13 Januari lalu.

Ketua DPR Puan Maharani, mengatakan, DPR akan memproses pengajuan nama calon Kapolri, Listyo Sigit, selama dua puluh hari ke depan, termasuk menjalankan uji kelayakan dan kepatutan.

Sementara, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno berharap, proses di DPR bisa lebih cepat dari 20 hari.
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:32
TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.677: 2.792 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, DAN 713 DALAM PERAWATAN   VAKSINASI COVID-19 WARGA LANSIA DI KABUPATEN/KOTA DI TANGERANG SELATAN AKAN DILAKSANAKAN AKHIR MARET 2021   KEMENKES UMUMKAN PENEMUAN DUA KASUS MUTASI COVID-19 B117 ASAL INGGRIS DI INDONESIA   FRAKSI PAN USULKAN AGAR PEMPROV DKI JAKARTA MENUTUP TOTAL TEMPAT HIBURAN MALAM SELAMA PPKM   HINGGA 2 MARET 2021, PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 4.601 ORANG   KETUA DPR NILAI KECEPATAN PROGRAM VAKSINASI AKAN TERGANTUNG PADA KESIAPAN PUSKESMAS DI SELURUH INDONESIA   KETUA DPR PUAN MAHARANI MENYATAKAN PUSKESMAS MEMILIKI PERAN PENTING DALAM PELAKSANAAN COVID-19   IDI: HINGGA 28 FEBRUARI 2021, SEBANYAK 325 ORANG DOKTER MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19   PEMERINTAH AKAN BUKA PENERIMAAN 1 JUTA APARATUR SIPIL NEGARA UNTUK FORMASI GURU   PRESIDEN JOKOWI CABUT PERPRES IZIN INVESTASI MIRAS ATAU MINUMAN BERALKOHOL   KPK DALAMI ALIRAN UANG DARI KASUS DUGAAN KORUPSI PROYEK INFRASTRUKTUR YANG MENJERAT GUBERNUR SULSEL NURDIN ABDULLAH   MENTERI LUAR NEGERI NEGARA ANGGOTA ASEAN DIJADWALKAN GELAR PERTEMUAN VIRTUAL KHUSUS BAHAS SITUASI DI MYANMAR   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN: INDONESIA PERLU AMBIL PERANAN LEBIH BESAR DALAM SIKAPI DINAMIKA POLITIK DI MYANMAR   KPK & 27 BUMN TEKEN KERJA SAMA TINGKATKAN PENANGANAN PENGADUAN DALAM UPAYA PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI