Kompas TV nasional peristiwa

Persiapan Uji Kelayakan Calon Kapolri, DPR Undang Kompolnas

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 06:02 WIB
persiapan-uji-kelayakan-calon-kapolri-dpr-undang-kompolnas
Kabareskrim Komjen Sigit Listyo Prabowo saat memberikan keterangan dalam sesi jumpa pers di Mabes Polri (Sumber: Divisi Humas Polri)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, rencananya akan digelar Rabu (20/1/2021). 

Untuk mempersiapkan uji kelayakan tersebut, Komisi III DPR Mengundang Kompolnas untuk mengadakan rapat dengar pendapat umum (RDPU) yang digelar hari ini, Senin (18/1/2021).

Dalam agenda di dpr.go.id, agenda utama RDPU disebutkan, "dalam rangka menerima masukan terkait uji kelayakan calon Kapolri."

Baca Juga: Langkahi Empat Angkatan, Mantan Kabareskrim Ke Komjen Listyo Sigit:  Hormati Senior


Sebelumnya, Ketua Komisi III Herman Herry mengatakan pihaknya akan mengundang Kompolnas dan PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan)  untuk menerima masukan dari masyarakat. "Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat," kata politisi PDIP ini, Rabu (13/1/2021).


Menurut Herman, uji kelayakan dan kepatutan akan dimulai dengan pembuatan makalah calon kapolri. Selama kurang lebih 1-2 jam calon akan memaparkan isi makalah yang dia buat.

Setelah itu, sehari berikutnya barulah uji kelayakan dan kepatutan dilakukan. Pada saat uji kelayakan, semua anggota Komisi III akan bertanya berbagai hal kepada calon. 

Baca Juga: Telisik Transaksi Keuangan Calon Kapolri lewat PPATK, Begini Sikap Komisi III

Komjen Listyo Sigit Prabowo diajukan oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri. Dia melangkahi empat angkatan di atasnya. Kedekatan dengan Presiden Jokowi sejak di Solo disebut-sebut sebagai salah satu pertimbangan Listyo melenggang hingga dicalonkan menuju posisi tertinggi di kepolisian tersebut.  


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x