Kompas TV nasional peristiwa

Langkahi Empat Angkatan, Mantan Kabareskrim Ke Komjen Listyo Sigit: Hormati Senior

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 05:05 WIB
langkahi-empat-angkatan-mantan-kabareskrim-ke-komjen-listyo-sigit-hormati-senior
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (tengah) saat menjelaskan prose penyerahan barang bukti dan tersangka kasus dugaan korupsi penjualan kondensat oleh PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di gedung Bareskrim, Jakarta, Kamis (30/1/2020). (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Penunjukkan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon kapolri tunggal, melangkahi empat angkatan seniornya.

Namun, menurut mantan Kabareskrim Polri Komjen (purn) Ito Sumardi, hal itu tidak masalah. "Inilah tantanganya di internal, bagaimana menghormati senior, tidak istilahnya hanya mengutamakan yang seangkatan," kata Ito saat diwawancara di program Kompas Pagi di Kompas TV, Jumat (15/1/2021).

Sebaliknya, para senior pun harus menerima Listyo Sigit sebagai pimpinan Polri.

Dalam pengalamannya sebagai polisi, Ito pernah menjabat dua kali Kapolda dan sekali Kabareskrim. "Wakil saya empat tahun senior di atas saya," ujarnya.

Menurut Ito, saat ini masih ada polisi senior di atas Listyo di jajaran kepolisian yang masih memegang posisi penting. Sebagai "junior", kata Ito, Listyo akan memimpin yang senior yang potensial dan masih punya jabatan penting tersebut. "Karena itu berpikirnya harus multifungsi bukan hanya bareskrim saja," ujar Ito.

Baca Juga: Wakapolri Dukung Komjen Listyo Sigit Wujudkan Polri Promoter

Sebelumnya, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengajak jajarannya mendukung Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo hingga dilantik menjadi kapolri baru nantinya. 

Listyo dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal kapolri untuk menggantikan Idham yang memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. "Saya mengajak kepada rekan-rekan semua untuk bergandeng tangan memberikan dukungan kepada calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo," ucap Idham. 

Baca Juga: DPR Tanya PPATK Soal Transaksi Mencurigakan Calon Kapolri Listyo Sigit, Termasuk Istri dan Anak

"Sehingga proses pelaksanaan rangkaian fit and proper test yang akan dilaksanakan pekan depan sampai dengan pelantikan Bapak Kapolri Baru bisa berjalan dengan sukses dan lancar serta tidak menemui hambatan apa pun," kata dia.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x