Kompas TV nasional politik

Rizal Ramli: MK Mahkamah Kekuasaan, Tak Berbobot Intelektual

Minggu, 17 Januari 2021 | 16:10 WIB
rizal-ramli-mk-mahkamah-kekuasaan-tak-berbobot-intelektual
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (Sumber: TRIBUN / DANY PERMANA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli memprotes Mahkamah Konstitusi karena menolak gugatannya. Sebelumnya, Rizal melakukan gugatan terkait ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden (presidential threshold).

"MK lebih mendengarkan suara kekuasaan. Para hakim di MK tidak memiliki bobot intelektual, kedewasaan akademik, dan argumen hukum yang memadai untuk mengalahkan pandangan kami," tulis Rizal dalam keterangan resmi pada Minggu (17/1/2021).

Rizal mengklaim, putusan MK tidak memiliki argumentasi hukum yang kuat sehingga menolak legal standing dirinya sebagai pemohon, bukan substansi gugatan.

Ia merujuk 12 kasus gugatan judicial review atas presidential threshold 20 persen. MK memproses sebagian besar gugatan itu dalam sidang.

Dia mempermasalahkan kenapa gugatannya ditolak karena Rizal bukan anggota partai. Ia menulis, sangat tak mungkin anggota partai politik mendampingi penggugat atau menggugat aturat itu karena parpol hendak melestarikan aturan itu.

"Mereka, parpol-parpol tersebut berkepentingan untuk terus melanggengkan sistem sistem demokrasi kriminal karena menguntungkan parpol-parpol secara finansial," kata dia.

Baca Juga: Gugatan Rizal Ramli Soal Ambang Batas Presiden Ditolak MK

Penulis : Ahmad Zuhad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Layanan Kependudukan Untuk Difabel

Sabtu, 27 Februari 2021 | 21:41 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:30
RSUD DAN GEDUNG DPRD RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN PADA JUMAT MALAM   PT JASA MARGA OPTIMISTIS JALAN TOL CINERE-SERPONG SEKSI 1 BISA BEROPERASI PADA AWAL KUARTAL II TAHUN INI   BPBD SIAGAKAN SEJUMLAH PERSONEL UNTUK ANTISIPASI TERJADINYA BENCANA HIDROMETEOROLOGI DI SELATAN JABAR   BPBD: SIAGA BENCANA BANJIR DAN LONGSOR DI SELATAN JABAR 27-28 FEBRUARI 2021    KETUA MPR BAMBANG SOESATYO AJAK GENERASI MUDA UNTUK MENEGAKKAN BENTENG IDEOLOGI BANGSA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN 578,8 KILOMETER JALUR SEPEDA DI JAKARTA SELESAI PADA 2030   WAKIL KETUA MPR JAZILUL FAWAID BERHARAP KEPALA DAERAH YANG BARU DILANTIK BUAT INOVASI HADAPI PANDEMI   KADIN KLAIM SEKITAR 7.000 PERUSAHAAN MENDAFTAR BERPARTISIPASI DALAM VAKSIN MANDIRI    PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN: “LOCKDOWN” DI AUCKLAND AKAN BERLANGSUNG MULAI BESOK SELAMA 7 HARI KE DEPAN   PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN KEMBALI “LOCKDOWN” KOTA AUCKLAND SETELAH TERDETEKSI SATU KASUS COVID-19    DINKES JATIM TARGETKAN VAKSINASI LANSIA MENCAPAI 3.000 ORANG SELAMA 2 HARI    ANGGOTA KOMISI IX DPR NETTY PRASETIYANI MINTA PEMERINTAH INFORMASIKAN JENIS-JENIS VAKSINASI COVID-19 MANDIRI   HINGGA 27 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.329.074 ORANG, 1.136.054 SEMBUH, DAN 35.981 MENINGGAL DUNIA    SATGAS COVID-19: HINGGA 27 FEBRUARI 2021, ADA 1.616.165 TENAGA KESEHATAN YANG DISUNTIK VAKSIN DOSIS PERTAMA