Kompas TV nasional update corona

Ada 15 Kondisi Seseorang Tidak Dapat Disuntik Vaksin Covid-19 buatan Sinovac

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 06:10 WIB
ada-15-kondisi-seseorang-tidak-dapat-disuntik-vaksin-covid-19-buatan-sinovac
Vaksin CoronaVac buatan Sinovac. Terdapat 15 kondisi seseorang tidak dapat disuntik vaksin Covid-19 (Sumber: istimewa)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia telah memulai vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/01/2021). Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menerima vaksin virus corona. 

Vaksinasi Covid-19 bergulir setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin virus corona buatan Sinovac pada Senin (11/01/2021). 

Bagi masyarakat, sebelum melakukan vaksinasi Covid-19, ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian. Salah satunya, kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan suntik vaksin CoronaVac buatan Sinovac, seperti dilaporkan Irawan Sapto Adhi dari Kompas.com.

Baca Juga: Haruskah Penolak Vaksinasi Disanksi? ROSI (Bag 1)

Baca Juga: Siapa Bisa Dihukum Kalau Tolak Vaksin? - ROSI (Bag 2)

Baca Juga: Ini Dia Wartawan Pertama Penerima Vaksin - ROSI (Bag 3)

Baca Juga: Beda Vaksin Sinovac Dengan Yang Lain, Ini Kata Ahli - ROSI (Bag 4)

Dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes No. HK. 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), terlampir Format Skrining Sebelum Vaksinasi Covid-19. 

Di dalam format skrining khusus untuk vaksin buatan Sinovac berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) tersebut, terdapat sedikitnya 16 pertanyaan yang mesti calon penerima vaksin jawab. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x