Kompas TV nasional peristiwa

Ribka Tjiptaning, Politikus PDIP dan Seorang Dokter yang Kerap Kritisi Kebijakan Pemerintah

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 12:02 WIB
ribka-tjiptaning-politikus-pdip-dan-seorang-dokter-yang-kerap-kritisi-kebijakan-pemerintah
Anggota DPR RI Ribka Tjiptaning (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Ribka Tjiptaning dalam beberapa hari terakhir menjadi pembicaraan publik lantaran sikap kerasnya yang keras mengkritik kebijakan pemerintah dalam hal vaksinasi Covid-19. Dia pun tak mempedulikan dirinya adalah politikus PDIP dan bahkan menolak untuk ikut divaksin. 

Imbasnya, Ribka Tjiptaning yang anggota DPR RI digeser dari Komisi IX yang membidangi masalah kesehatan ke Komisi VII yang membidangi masalah energi. 

Rotasi tersebut tercantum dalam surat Fraksi PDIP DPR bernomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022, terkait perubahan penugasan di Alat Kelengkapan Dewan dan ditujukan kepada pimpinan DPR RI.

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto, pada 18 Januari 2021.

Padahal, selama empat periode Ribka tidak pernah meninggalkan Komisi IX.

Baca Juga: Politikus PDIP Ribka Tjiptaning Digeser Ke Komisi VII, Ini Pernyataanya yang Menohok

Namun, siapa yang mengira dia adalah seorang dokter. Dilansir dari Kompas.com, wanita berambut pendek ini lahir dengan nama Ribka Tjiptaning Proletariyati di Yogyakarta, 1 Juli 1959. Ia merupakan anak ketiga dari lima bersaudara.

Orang tuanya adalah Raden Mas Soeripto Tjondro Saputro dan Bandoro Raden Ayu Lastri Suyati. Ayahnya sempat diketahui memiliki riwayat sebagai anggota Biro Khusus PKI.

Dengan latar belakang tersebut, Ribka tidak menutup-nutupinya. Bahkan, ia pernah menulis sebuah buku berjudul "Aku Bangga jadi Anak PKI".

Dalam hal pendidikan, Ribka mengenyam pendidikan formal di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia dari tahun 1978 hingga tahun 1990.

Baca Juga: Selain Ogah Divaksin, Politikus PDIP Ribka Tjiptaning Juga Tak Percaya Flu Burung

Setelah lulus dan menjadi seorang dokter, Ribka pun membuka sebuah klinik kesehatan di kawasan Ciledug, Tangerang.

Karir politiknya dimulai medio 1992 saat Ribka menjadi anggota salah satu partai politik yakni PDI-Perjuangan (PDIP). Hingga kini, ia telah tiga kali berhasil masuk ke Senayan, yaitu pada 2004, 2009, dan terkini pada 2019.

Saat ini, Ribka tercatat sebagai salah satu anggota dari Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan. Sebelumnya, Ribka pun pernah menjabat sebagai Ketua di komisi yang sama pada periode 2009-2014.

Di komisi IX, dia banyak menyoroti masalah-masalah di bidang tenaga kerja dan transmigrasi, kependudukan, dan kesehatan.

Politisi PDI Perjuangan yang menjabat Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning, saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI dengan Menakertrans, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11/2012). (Sumber: (TRIBUN/DANY PERMANA)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x